Sukses

Lifestyle

Indonesia Tempati Urutan Kedua IQ Terendah di Asia Tenggara Versi World Population Review

Fimela.com, Jakarta Intelligence Quotient atau IQ merupakan tolak ukur kecerdasan seseorang untuk bernalar dan memecahkan masalah. Seseorang yang ingin mengukur IQ umumnya mengikuti tes standar dan menerima skor yang menentukan tingkat kecerdasan mereka. Semakin tinggi skor IQ, maka semakin cerdas pula orang tersebut.

Menurut World Population Review, skor IQ biasanya mencerminkan kualitas pendidikan dan lingkungan mereka.

"Wilayah dunia dengan skor IQ yang lebih rendah biasanya lebih miskin dan kurang berkembang. Terutama di bidang pendidikan, dibandingkan dengan negara-negara dengan skor IQ yang lebih tinggi,” demikian pernyataan World Population Review dilansir dari situs resminya.

Banyak peneliti juga menggunakan IQ untuk menentukan negara terpintar di dunia. Menurut studi tahun 2019, peneliti Richard Lymn dan David Becker di Ulster Institute, skor IQ rata-rata tertinggi di dunia dimiliki oleh orang Jepang. Bagaimana dengan tingkat IQ di negara-negara Asia Tenggara?

Berikut peringkat IQ di negara-negara Asia Tenggara seperti yang dipaparkan World Population Review dengan judul Average IQ by Country 2022.

Peringkat IQ Tertinggi di Asia Tenggara

1. Singapura

Singapura menduduki peringkat pertama di Asia Tenggara dengan IQ tertinggi. IQ tertinggal. IQ rata-rata Singapura adalah 105,89 dengan total jumlah penduduk 5.975.689.

Dengan skor ini membuat Singapura menduduki peringkat ketiga IQ tertinggi di dunia.

2. Kamboja

Setelah Singapura, ada kamboja yang menduduki peringkat kedua IQ tertinggi di Asia Tenggara dengan skor rata-rata 99,75. Menjadikannya peringkat ke-15 di dunia

3. Myanmar

Myanmar menduduki peringkat ketiga dengan IQ tertinggi di Asia Tenggara. IQ rata-rata penduduk Myanmar adalah 91,18. Dengan skor ini, menjadikannya peringkat ke-52 di dunia.

4. Vietnam

Di peringkat keempat ada Vietnam dengan IQ rata-rata 89,53. Dengan skor ini, Vietnam menempati peringkat ke-60 di dunia.

5. Thailand

Thailand memiliki skor IQ rata-rata 88,7 sehingga menempati peringkat kelima di Asia Tenggara dan peringkat ke-64 di dunia.

 

Negara dengan IQ Tertinggi di Asia Tenggara

6. Malaysia

Malaysia menempati peringkat keenam di Asia Tenggara dengan rata-rata IQ 87,58. sementara di dunia, Malaysia menduduki peringkat ke-73.

7. Brunei

Setelah Malaysia, ada Brunei yang menempati peringkat ke-7 di Asia tenggara. Senentara di dunia, negara yang memiliki 449,002 penduduk ini berada di peringkat ke-74.

8. Filipina

Dengan rata-rata IQ 81,64  membuat Filipina menempati peringkat kedelapan di Asia Tenggara. Sementara di dunia, Filipina menempati urutan ke-111.

9. Laos

Berikutnya ada Laos yang menempati peringkat ke-8 IQ tertinggi di Asia Tenggara dan ke-114 di dunia dengan skor IQ rata-rata 80,99.

10. Indonesia

Indonesia berada di peringkat ke-10 Asia Tenggara dengan IQ rata-rata 78,49. Sementara IQ rata-rata dunianya berada di peringkat 130.

11. Timor Leste 

Di peringkat terakhir, yakni peringkat 11 Asia Tenggara ada Timor Leste. Negara ini memiliki IQ rata-rata 78,49 menempati peringkat ke-132 di dunia.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading