Sukses

Lifestyle

Bacaan dan Arti Doa Hujan, Agar Makin Berkah dan Bencana Tercegah

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini curah hujan di tanah air cukup tinggi. Beberapa daerah bahkan tergenang banjir akibat curah hujan yang tinggi tersebut. Pada dasarnya, hujan adalah berkah dari Allah SWT. Kedatangannya sangat penting untuk disyukuri. Hujan juga memberi penghidupan pada banyak makhluk hidup mulai dari tanaman, hewan pun manusia. 

BACA JUGA: Bacaan Doa Ketika Turun Hujan Beserta Keutamaannya

Saat turun hujan, disarankan bagi umat muslim untuk melafalkan doa. Doa ini sebagai bentuk syukur atas nikmat hujan yang diberikan Allah. Doa ini juga sebagai pengharapan agar hujan membawa berkah dan adanya berbagai bencana bisa tercegah. Sama seperti doa lainnya, doa hujan juga memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. 

Kali ini, Fimela merangkum beberapa doa hujan dari berbagai sumber. Doa hujan ini bisa kamu lafalkan agar hujan makin berkah dan bencana pun bisa tercegah. Simak baik-baik yang berikut ini.

Doa Ketika Turun Hujan

Doa ini bisa kamu lafalkan ketika hujan sedang turun. Doa ini bermanfaat agar hujan yang turun memberikan manfaat dan tidak merusak alam. Doa ini bisa dibaca saat hujan turun dengan intensitas ringan, sedang pun lebat. Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban haniyya wa sayyiban nafi'an.

Artinya: "Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat".

Doa Meminta Hujan

Saat hujan tak kunjung turun, kamu pun bisa melafalkan doa meminta hujan. Adapun doanya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma Shoyyiban Naafia'an.

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat". (HR. Bukhari)

Doa Saat Hujan Turun Lebat

Saat hujan turun begitu lebat hingga menimbulkan kekhawatiran dalam hati, doa berikut ini bisa kamu lafalkan Sahabat Fimela. 

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma khaawalaina wa laa 'alainaa. Allahumma 'alal akaami wal jibaali, waz-zhiroobi, wa buthuunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan." (HR. Al-Bukhari)

Doa Saat Hujan Mereda

Ketika hujan mereda, doa ini bisa kamu lafalkan. Doa ini dilafalkan sebagai rasa syukur atas keberkahan hujan yang memberikan banyak manfaat untuk kehidupan. Berikut doanya:

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih

Artinya: "Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah."

Itulah sekian doa hujan. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita senantiasa melafalkan doa untuk berbagai keberkahan dan wujud syukur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading