Sukses

Lifestyle

Ternyata Ini Manfaat Baik Menjemur Kasur, Bantal dan Guling di Bawah Terik Matahari

Fimela.com, Jakarta Menjemur kasur, bantal dan guling sebenarnya termasuk sesuatu yang umum dijumpai di Indonesia. Namun, kebiasaan tersebut kian memudar di kalangan masyarakat modern, terutama yang tinggal di pusat kota.

Padahal, ada banyak manfaat dari kebiasaan baik tersebut, lebih-lebih jika dilakukan secara rutin. Termasuk salah satunya dapat membantu tidur lebih berkualitas. Lebih lanjut, berikut manfaat menjemur kasur, bantal dan guling di bawah terik matahari langsung selengkapnya.

Bisa Membasmi Kutu Kasur atau Tungau yang Bersembunyi

Manfaat pertama dari menjemur kasur, bantal dan guling di bawah terik matahari langsung dapat membasmi kutu kasur atau tungau yang bersembunyi di baliknya. Ini karena beberapa bakteri dan tungau tak bisa bertahan hidup dalam suhu sangat tinggi. Semakin terik sinar mataharinya, maka semakin ampuh pula membasmi tungau pada bantal, guling dan kasur.

Dapat Menjaga Ukuran Asli Kasur, Bantal dan Guling

Ketika dijemur di bawah terik matahari langsung, kasur, bantal maupun guling akan kembali mengembang, sehingga akan mengembalikan ukuran aslinya. Ini karena saat digunakan, perlengkapan tidur tersebut menjadi lebih lembap karena banyak menyerap keringat maupun cairan tubuh. Imbasnya, ukuran kasur, bantal dan kasur lebih kempis.

Bikin Kasur, Bantal dan Guling Bebas Lembap

Seperti disebutkan sebelumnya, kasur, bantal dan guling yang jarang dijemur di bawah terik matahari langsung dapat membuat ukurannya lebih menipis atau kempis. Selain itu, perlengkapan tidur tersebut juga cenderung lebih lembap.

Terlebih lagi, jika di kamar terdapat AC maupun humidifier. Bila bantal, guling maupun kasur lembap, maka memudahkan bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Dengan rutin menjemurnya, bantal, guling dan kasur pun jadi bebas lembap.

Mampu Membunuh Kuman yang Hinggap di Perlengkapan Tidur

Manfaat lainnya dari menjemur kasur, bantal dan guling di bawah terik matahari langsung adalah dapat membunuh beragam kuman yang hinggap di sana. Apalagi bakteri, kuman maupun virus dapat berkumpul di perlengkapan tidur tersebut.

Belum lagi, biasanya di bantal, guling maupun kasur juga banyak debu, kotoran dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Dengan menjemurnya secara rutin, beragam kotoran tersebut dapat turut dibersihkan. Kebiasaan baik ini pun dapat meminimalkan berbagai masalah kesehatan, seperti alergi, asma hingga iritasi kulit.

Supaya hasilnya lebih maksimal, ada baiknya kasur, bantal dan guling dibersihkan lebih dulu sebelum dijemur di bawah terik matahari langsung. Jika perlu, semprotkan disinfektan, sehingga kuman-kuman bisa mati. Jemur di tempat bersih, agar tak membuat kasur, bantal dan guling menjadi kotor.

Selain menjemur kasur, guling dan bantal di bawah sinar matahari langsung, cuci dan ganti seprai, sarung bantal dan guling setidaknya seminggu sekali. Pastikan juga sirkulasi udara di kamar tidur cukup baik. Dengan kiat-kiat tersebut, bukan saja tidur menjadi berkualitas, tetapi kesehatan tubuh pun turut terjaga dengan baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading