Sukses

Lifestyle

Bikin Mengkilap dan Wangi, Begini Cara Mengepel Lantai Rumah yang Bisa Diterapkan dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Sebuah rumah sebisa mungkin harus dibersihkan agar nggak menjadi kotor dan berdebu. Salah satu langkah sederhana untuk mewujudkan rumah yang bersih adalah dengan rajin mengepel lantai. Jika jarang dibersihkan, kemungkinan tempat tersebut akan menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit. 

Untuk mengepel lantai sendiri bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Meski begitu, area rumah tersebut terkadang bisa tetap dekil dan berbau nggak enak bahkan setelah dibersihkan berkali-kali. Lantas, bagaimana caranya agar lantai bisa tetap mengkilap dan wangi?

Gunakan Alat Pel yang Tepat

Penggunaan alat pel ternyata jadi salah satu faktor kebersihan pada lantai. Lantai pada dasarnya memiliki beberapa jenis yang berbeda. Di antaranya adalah lantai kayu, keramik, marmer, granit, dan sebagainya. 

Di Indonesia sendiri, lantai yang paling banyak digunakan adalah keramik, yang cenderung lebih mudah dibersihkan dibanding tipe lantai lainnya. Namun, jika rumahmu memakai lantai yang bukan keramik, maka sebaiknya memilih alat pembersih dengan lebih tepat. Sebagai contoh, kamu bisa memilih pel dengan tekstur yang halus saat membersihkan lantai marmer. Sebab, lantai seperti ini dinilai mudah rusak dan butuh produk pembersih khusus untuk membersihkannya. 

Jaga Selalu Kebersihan Pel

Jika kamu membersihkan lantai menggunakan alat pel yang kotor, tentu hal tersebut akan berdampak buruk pada kebersihannya. Bukannya jadi bersih, lantai rumah mu justru akan kotor dan memiliki bau yang nggak sedap. Oleh karenanya, perlu untuk menjaga kebersihan pel yang kamu gunakan. 

Ketika sudah memakainya, usahakan untuk segera membersihkannya kembali dan jemur agar kering. Setelah itu, perhatikan pula posisi saat meletakan alat pel yang sudah dibersihkan. Pengepel yang sudah dicuci sebaiknya diletakkan menghadap ke atas agar bisa lebih cepat kering. Jika menaruhnya dalam posisi yang salah, maka bisa saja alat pembersih tersebut bisa bau dan kotor.

Pel Lantai Menggunakan Air Bersih

Saat mengepel lantai, sebisa mungkin untuk selalu menggunakan air yang bersih. Jangan memakai air yang keruh, butek, dan bau karena itu hanya akan memperparah kondisi lantai yang kotor. Jadi, segera ganti air dengan yang baru ketika air lama yang dipakai saat mengepel sudah berubah warnanya dan nggak bersih lagi. Kamu pun bisa memanfaatkan air hangat agar kotoran yang melekat di permukaan lantai bisa dibersihkan dengan lebih mudah.

Gunakan Sabun Pel Lantai yang Bermutu

Salah satu tips untuk membuat lantai mengkilap dan wangi tentu saja dengan mengandalkan pembersih lantai yang bermutu dan berkualitas. Nggak hanya yang bisa membersihkan lantai dari kotoran, namun juga mampu membasmi kuman dan bakteri yang menempel sekaligus berikan aroma wangi yang enak saat dicium. Untuk itu, pilihlah sabun pel lantai yang memiliki kegunaan seperti ini.

Bila kamu menerapkan langkah-langkah sederhana seperti di atas, maka lantai bersih dan wangi tentu akan selalu menemani keseharianmu di dalam rumah. So, jangan lupa untuk mencoba berbagai tips tersebut, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading