Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Kuat dan Bisa Bangkit dari Titik Terendah Hidup

Fimela.com, Jakarta "Big world... not all of it flowers and sunshine." "Dunia yang besar tak semuanya indah," begitu kata Stick pada Matt Murdock saat menyampaikan pandangannya tentang dunia yang dijalani dan pentingnya berusaha bertahan hidup sebaik mungkin di serial Daredevil. Kita pun pasti bisa memahami hal itu dengan baik sebab seiring bertambahnya usia, makin banyak pengalaman dan persoalan yang dihadapi.

Ada masa-masa penuh kebahagiaan yang bisa kita dapatkam dalam hidup. Namun, ada juga masa-masa yang terasa sangat kelam dan muram. Bahkan membuat kita berada di titik terendah dalam hidup. Walau memang sulit untuk langsung bangkit dari masalah berat yang dihadapi, tapi yakini bahwa kita akan selalu memiliki kekuatan baru untuk bisa bangkit dan melangkah ke depan dengan hati yang lebih tegar dan tangguh.

 

 

1. Masih Memiliki Harapan Baik

Titik terendah yang kita alami mungkin menghadirkan kesedihan yang amat dalam. Ada perasaan tak berdaya dan tak lagi memiliki semangat untuk hidup. Namun, dari situ ada hati baru yang terbentuk. Hati yang lebih kuat karena kita percaya bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Selam kamu masih memiliki dan menjaga harapan baik ini, maka yakinlah kamu bisa bangkit dari keterpurukan yang ada saat ini.

 

 

2. Bisa Berlapang Dada Menerima Realitas yang Ada

Walau pahit, realitas yang ada perlu diterima apa adanya. Saat kamu masih bisa berlapang dada menerima realitas yang ada, maka yakinlah kamu akan bisa selalu menemukan jalan keluar atau solusi dari persoalan yang ada. Sebab ada hal yang berada di luar kendali diri, dan cara terbijak menyikapinya adalah menerimanya apa adanya. Dari sini kamu pun bisa fokus mengusahakan atau memperbaiki hal-hal yang masih berada di dalam kendali dirimu.

 

 

3. Punya Pegangan Hidup yang Kuat

Saat kita tak tahu harus berbuat apa atau harus mengeluh kepada siapa, biasanya kita perlu kembali pada pegangan hidup terkuat kita untuk bisa memunculkan lagi benih kekuatan dan keberanian untuk melangkah sedikit lebih jauh. Selama kamu masih meyakini ada kemudahan di balik kesulitan serta ada kebaikan di setiap pengalaman hidup yang hadir, kamu akan selalu bisa bangkit dari keterpurukan yang ada.

 

 

4. Bisa Belajar Mengelola Emosi dengan Baik

"Untuk dapat mengontrol emosi, kita harus tahu cara menghadapinya. Emosi bagaikan ombak yang membentang di depan kita. Kita harus bersiap-siap untuk menaikinya agar tidak terseret di dalamnya," tulis psikiater Yoon Hong Gyun dalam bukunya, How to Respect Myself. Selama kamu masih ada kemauan untuk belajar memahami dan mengelola emosi dengan lebih baik, maka yakin saja akan selalu ada jalan keluar terbaik dari setiap persoalan hidup yang kamu hadapi dalam hidup.

 

 

5. Meyakini Kehidupan yang Dijalani Ini Berharga

Di balik sosok perempuan mandiri, biasanya ada titik terendah yang pernah dan berhasil dilalui. Sebelum menjadi perempuan yang lebih tangguh, ada ujian yang perlu dihadapi lebih dahulu. Ada air mata yang pernah mengalir deras, tapi setelah itu kembali melangkah ke depan. Dari setiap air mata yang pernah mengalir, ada hati yang lebih tangguh sebab kamu meyakini kehidupan ini tetap layak untuk diperjuangkan dan dijalani sebaik mungkin.

Itu tadi lima tanda dirimu kuat dan bisa bangkit dari titik terendah hidup. Selain itu, kalau kamu merasa butuh bantuan atau pertolongan, izinkan dirimu untuk mendapatkan semua yang kamu butuhkan tersebut, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading