Sukses

Lifestyle

5 Tanda Mertua Toxic yang Penting Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Banyak yang bilang kehidupan rumah tangga bukan perkara yang mudah. Semakin lama usia pernikahan, akan semakin banyak masalah dan tantangan yang perlu dihadapi suami istri. Salah satu masalah dalam rumah tangga yang kerap menghantui pasangan adalah adanya mertua toxic. 

Posisimu sebagai menantu, tak jarang membuatmu harus banyak bersabar dan tabah akan sikap pun perilaku mertua. Kamu juga harus lebih waspada dan hati-hati dalam bersikap kepada mereka. Salah sedikit saja dalam bersikap, mertua toxic akan mempermasalahkan hal ini menjadi masalah yang besar. Hal ini bahkan meningkatkan risiko kamu bertengkar dengan pasangan. 

Apa saja tandanya jika mertua toxic?

Merasa Selalu Benar

Tanda pertama jika mertua toxic adalah, apa yang dikatakan dan dilakukannya dianggap selalu benar. Kamu pun pasangan harus menuruti segala keinginan mereka. Mertua toxic enggan meminta maaf atau memaafmu saat ada selisih pendapat. Mertua yang toxic, juga merasa paling bijak dan mengerti apapun di sekitarnya.

Cemburu

Pernahkah mertua cemburu dengan apa yang diberikan suamimu kepadamu? Dalam beberapa hal, kecemburuan adalah hal yang wajar. Namun, jika kecemburuan ini sudah berlebihan, membuatmu tak nyaman dan ia menganggapmu sebagai saingannya, ini sudah kelewatan. Ini menunjukkan bahwa ia termasuk salah satu mertua dengan sikap toxic dan perlu kamu waspadai.

Suka Mengungkit dan Mengritik

Tanda selanjutnya jika mertua toxic adalah, ia suka mengungkit kesalahan dan kekurangan orang lain. Mertua yang memiliki sikap ini, tidak menutup kemungkinan dia juga akan mengungkit keburukan dan kesalahanmu. Inilah mertua yang toxic. Ia bisa membuat menantunya sangat tak nyaman. Terlebih lagi, jika ungkitan ini dikatakan di hadapan anggota keluarga besar lainnya.

Manipulatif

Mertua yang memiliki sikap manipulatif juga menandakan bahwa ia toxic. Sikap manipulatif adalah, ia bisa mengalami perubahan sikap secara signifikan di waktu sama. Ia yang semula baik, bisa saja sangat jahat dan meremehkanmu. Waspadai mertua yang seperti ini. Karena apa? Ini bisa membuatmu tak nyaman dan serba salah dengan apa yang kamu lakukan.

Menuntut dan Selalu Ikut Campur dalam Pernikahanmu

Mertua yang toxic juga ditandai dengan sikapnya yang menuntut banyak hal darimu. Ia bahkan suka ikut campur dalam hubungan pernikahanmu bersama suami. Adanya ikut campur mertua atau orang lain dalam masalah pernikahanmu, ini bisa membuat masalah semakin runyam. 

Itulah sekian hal yang menandakan mertua toxic. Yuk, lebih waspada dengan mertua toxic. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading