Sukses

Lifestyle

5 Amalan yang Bisa Memperlancar Rezeki dalam Hidup

Fimela.com, Jakarta Siapapun pasti menginginkan hidup bahagia, rezeki lancar dan berlimpah. Rezeki bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Termasuk dari amalan-amalan sederhana yang biasa kita lakukan setiap harinya. 

Dalam agama apapun, rezeki yang halal baik itu sedikit atau banyak, wajiblah untuk disyukuri. Semakin kita bersyukur dan tulus menerima apa yang kita terima, maka akan makin bahagia dan tenang perasaan kita. Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa amalan dalam Islam yang bisa bantu melancarkan rezeki dalam hidup kita. Apa saja amalan tersebut? Simak yang berikut ini.

Takwa dan Tawakal

Amalan pertama adalah takwa dan tawakal. Yakinlah bahwa Tuhan telah mempersiapkan segala hal yang terbaik untuk kita. Termasuk untuk seberapa besar rezeki kita. Percayalah bahwa Tuhan akan mencukupkan segala kebutuhan dan keperluan kita. Melalui Dia, kita bisa mendapat rezeki dari manapun, bahkan dari tempat dan perantara yang tak disangka-sangka sekalipun.

Bangun Pagi

Kebiasaan bangun pagi juga bisa memperlancar rezeki kita. Usahakan untuk bangun lebih awal setiap harinya. Bangun pagi sebelum subuh, akan memberimu banyak waktu untuk beraktivitas. Ini juga mendorongmu memiliki perasaan bahagia dan lebih semangat dalam menjalani hari-hari. Hal positif dalam diri ini akan mempelancar rezekimu. 

Bersedekah

Amalan selanjutnya yang bisa memperlancar rezeki ada bersedekah. Biasakan diri untuk berbagi dan bersedekah ke orang-orang yang membutuhkan. Disadari atau tidak, ketulusan hati orang-orang yang kamu bantu, akan menuntunmu mendapat rezeki yang makin berlimpah dan berkah dari Tuhanmu. 

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkankan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah, 261).

Berbakti Kepada Orangtua

Doa orangtua lebih didengar oleh Tuhan dari apapun di dunia ini. Menjadi anak yang berbakti ke orangtua, akan membantumu memiliki rezeki yang lebih lancar. Ini juga membuat hidupmu makin berkah dan nyaman. Tuhan akan memudahkan segala urusan anak-anak yang berbakti pada orangtuanya.

Bersyukur

Sikap bersyukur di segala keadaan, juga membuatmu memiliki rezeki yang lancar. Keikhlasan  dan penerimaan terhadap apapun yang kamu miliki saat ini, akan membantumu lebih bahagia, tenang dan nyaman dalam menjalani hidup. Kamu juga akan lebih menikmati segala yang kamu miliki saat ini. 

Itulah sekian amalan yang bisa kamu lakukan agar rezeki makin lancar. Selain amalan di atas, dalam Islam ada beberapa amalan lagi yang sebaiknya juga menjadi kebiasaan. Amalan tersebut antara lain salat dhuha, taubat dan istighfar, silaturahim dan ramah kepada sekitar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading