Sukses

Lifestyle

Kenali Pentingnya Menggunakan Sabuk Pengaman di Mobil dan Cara Tepat Menggunakannya

Fimela.com, Jakarta Sabuk pengaman mobil adalah salah satu fitur keselamatan paling penting ketika berkendara. Sabuk pengaman bisa menyelamatkan nyawa pengendara dan penumpang mobil ketika kecelakaan, serta membantu mencegah cedera serius seperti patah tulang dan luka kepala.

Meskipun sabuk pengaman telah menjadi fitur standar pada kendaraan mobil, tetapi masih banyak orang yang belum memahami cara menggunakan sabuk dengan benar.

Pentingnya sabuk pengaman mobil

Dilansir dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), penggunaan sabuk pengaman dapat mengurangi risiko cedera pada pengemudi mobil sebanyak 45% dan pada penumpang depan sebanyak 50%. Sabuk pengaman bekerja dengan cara menahan tubuh pengemudi atau penumpang agar tidak terlempar keluar dari mobil saat terjadi kecelakaan, atau terhantam oleh benda di dalam mobil seperti dashboard atau kaca depan.

Sehingga penggunaan sabuk pengaman dapat membantu mencegah cedera serius seperti patah tulang dan luka kepala. Akan tetapi, apabila sabuk pengaman tidak terpasang dengan benar, dapat mengakibatkan pengemudi mengalami cedera serius atau bahkan kematian saat terjadi kecelakaan.

Berikut ini adalah panduan tentang cara menggunakan sabuk pengaman mobil dengan benar.

Pentingnya memakai seatbelt dengan benar sebelum berpergian

1. Pastikan sabuk pengaman dalam kondisi baik dan terpasang dengan benar

Sebelum memulai perjalanan, pastikan sabuk pengaman dalam kondisi baik dan terpasang dengan benar. Periksa apakah ada kerusakan pada sabuk pengaman, seperti sobekan atau retakan pada bahan sabuk.

Selain itu, periksa juga apakah ada bagian yang rusak pada buckle atau latch sabuk pengaman. Pastikan juga sabuk pengaman terpasang dengan benar di tempatnya dan tidak kendor atau longgar.

2. Gunakan sabuk pengaman dengan benar

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sabuk pengaman mobil terdiri dari tiga bagian utama yakni bahu, pinggang, dan latch. Pastikan pada sabuk pengaman menempel erat pada bahu, tidak terlipat atau terlipat di bawah lengan serta tidak terlalu longgar atau terlalu ketat.

Pada bagian pinggang, sabuk pengaman harus terpasang di atas pinggul, bukan di atas perut, dan tidak boleh terlalu kendor atau terlalu ketat. Terakhir, pastikan latch sabuk telah terkunci dengan benar di buckle sabuk.

Jangan lupa saling mengingatkan untuk memakai seatbelt selama perjalanan

3. Gunakan sabuk pengaman pada semua tempat duduk

Sabuk pengaman harus digunakan pada semua tempat duduk di mobil, termasuk kursi belakang. Meskipun kursi belakang mungkin terlihat lebih aman, tetapi pada kenyataannya, penggunaan sabuk pengaman pada kursi belakang dapat mengurangi risiko cedera serius atau kematian sebanyak 60 persenn pada penumpang.

4. Ajak penumpang untuk memasang sabuk pengaman

Pengemudi memiliki tanggung jawab untuk memastikan semua penumpang di mobil telah memasang sabuk pengaman dengan benar. Jika ada penumpang yang tidak memasang sabuk pengaman, penting untuk mengingatkan mereka untuk memakai seatbelt sebelum memulai perjalanan.

Pastikan semua orang di dalam mobil telah memasang sabuk pengaman dengan benar sebelum memulai perjalanan.

Demikian cara memakai sabuk pengaman mobil yang benar. Sabuk pengaman mobil menjadi fitur keselamatan yang sangat penting untuk diperhatikan.

Dengan mengikuti panduan yang telah dijelaskan di atas, kita dapat memastikan penggunaan sabuk pengaman yang benar untuk keselamatan selama perjalanan.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading