Sukses

Lifestyle

8 Ide Hadiah Ramadan yang Berkesan dan Bisa Tingkatkan Semangat Puasa Anak

Fimela.com, Jakarta Puasa adalah salah satu ibadah yang penting bagi umat Muslim. Puasa dilakukan selama sebulan penuh di bulan Ramadan.

Bagi anak-anak yang sudah cukup umur, mereka juga diharapkan untuk ikut berpuasa. Dilansir dari Muslim Aid, berpuasa tidak hanya mengajarkan disiplin dan kepatuhan pada anak, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan.

Selama bulan Ramadan, orang-orang Muslim biasanya memberikan hadiah atau berbagi makanan kepada keluarga, teman, dan orang-orang yang membutuhkan. Akan tetapi, hadiah puasa khusus untuk anak-anak juga menjadi salah satu cara untuk memberikan semangat dan mendukung mereka untuk menjalani masa berpuasa.

Berikut adalah beberapa ide hadiah puasa untuk anak-anak.

1. Buku panduan puasa

Hadiah yang bagus untuk anak-anak yang belajar berpuasa adalah buku puasa. Buku ini berisi informasi tentang puasa, termasuk bagaimana cara melaksanakan puasa dengan benar dan manfaat puasa bagi kesehatan. Ada pun beberapa buku puasa yang memiliki isi cerita yang interaktif dan menarik sehingga dapat membantu anak-anak memahami arti puasa.

2. Al-Quran

Al-Quran adalah hadiah yang berharga bagi anak-anak yang sedang belajar tentang agama Islam. Selama bulan Ramadan, anak-anak juga dituntut belajar membaca Al-Quran dan menghafal surah-surah pendek selama bulan Ramadan.

Dengan memberikan Al-Quran sebagai hadiah, dapat mendorong semangat anak-anak dalam berpuasa serta menjadi sarana untuk mengisi kekosongan waktu ketika sedang menjalani puasa

Memberikan hadiah berupa peralatan sholat yang baru dapat mendorong semangat anak menjalani puasa

3. Peralatan sholat

Dilansir dari My Islamic Gifts, peralatan sholat juga bisa menjadi hadiah yang bermanfaat bagi anak-anak yang sudah cukup umur. Kamu bisa memberikan peralatan sholat kepada anak seperti sajadah, mukena, dan sarung baru. Dengan memberikan peralatan sholat yang baru dan lengkap, anak-anak akan merasa semangat dalam melaksanakan sholat dengan khusyuk dan benar.

4. Baju baru

Memberikan hadiah anak berupa baju baru menjadi hadiah yang menyenangkan bagi anak-anak selama bulan Ramadan. Anak-anak akan merasa senang mengenakan baju baru saat merayakan Idul Fitri nanti.

5. Makanan khas Ramadan

Hadiah berupa makanan khas Ramadhan dapat menjadi salah satu hadiah yang bisa kamu berikan untuk anak-anak. Anak-anak akan merasa senang jika mendapatkan makanan khas ramadhan yang nantinya untuk dinikmati saat berpuka puasa. Kamu bisa memberikan hadiah makanan khas Ramadan seperti kolak, bubur ketan hitam, kurma, dan lain-lain yang pastinya disukai oleh anak-anak

6. Permainan edukatif tentang puasa

Permainan edukatif tentang puasa juga bisa menjadi salah satu hadiah yang menyenangkan bagi anak-anak. Beberapa permainan edukatif tentang puasa seperti puzzle, permainan kartu, dan permainan papan yang dapat membantu anak-anak memahami arti puasa dan bagaimana melaksanakannya dengan benar.

Memberikan hadiah tas puasa pada anak dapat berguna memenuhi kebutuhannya selama beraktivitas di luar

7. Tas puasa

Tas puasa dapat menjadi hadiah yang menyenangkan bagi anak-anak yang sedang berpuasa. Tas ini biasanya dilengkapi dengan tempat menaruh botol minum serta memiliki ruang yang dapat menyimpan makanan. Selain itu, tas ini juga berguna untuk anak-anak ketika membawa tas puasa ini ke sekolah atau saat beraktivitas di luar rumah.

8. Kalender puasa

Kalender puasa dapat menjadi salah satu hadiah yang bermanfaat bagi anak-anak yang sudah cukup umur untuk berpuasa. Dengan memberikan kalender puasa, dapat membantu anak-anak memantau hari-hari puasa dan mempersiapkan diri untuk berpuasa. Kamu juga bisa memilih kalender puasa yang dilengkapi dengan doa-doa dan aktivitas yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan.

Demikian ide hadiah puasa untuk anak-anak yang bisa kamu berikan. Hadiah puasa untuk anak tidak hanya memberikan semangat dan dukungan pada anak-anak yang sedang berpuasa, tetapi juga dapat membantu mereka memahami arti puasa dan pentingnya ibadah Ramadan.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading