Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Mentalmu Lebih Kuat

Fimela.com, Jakarta Untuk memiliki mental yang kuat, kita perlu memiliki kesadaran untuk mengupayakannya sebaik mungkin. Kita perlu secara nyata memperlihatkan kemauan dan kemampuan untuk terus berproses menjadi pribadi yang lebih baik. Tak perlu merasa tertekan atau terbebani dengan kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan mental kita.

Kita bisa membangun dan menempa mental kita lebih kuat melalui kebiasaan-kebiasan kecil. Ada kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa kita terapkan dalam keseharian untuk menjadi perempuan yang lebih kuat. Seperti kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

 

 

 

1. Mengucapkan Hal-Hal Baik untuk Diri Sendiri

Mungkin awalnya terasa aneh saat mengucapkan sesuatu untuk diri sendiri. Namun, kebiasaan sederhana ini bisa menempa mentalmu jadi lebih kuat. Selama ini kita sudah terlalu keras pada diri sendiri, bahkan menjadi tukang kritik yang paling keras untuk diri sendiri. Kini, cobalah untuk lebih sering mengucapkan hal-hal baik untuk diri sendiri. Saat afirmasi positif kita hadirkan dalam keseharian, kita bisa menjadi pribadi yang lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

 

 

2. Menekuni Aktivitas yang Memberi Kepuasan Batin

Menekuni sesuatu yang kamu sukai bisa membuatmu lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Melakukan aktivitas yang menghadirkan kepuasan batin juga menghadirkan kebahagiaan tersendiri. Rasa percaya diri yang meningkat karena bisa melakukan hal yang disukai bisa membuat mentalmu jadi makin kuat juga.

 

 

3. Memilih Fokus Melakukan Segala Sesuatunya Sebaik Mungkin

Tak perlu memaksa diri menyenangkan hati semua orang. Tak perlu memenuhi tuntutan dan tekanan dari orang lain. Cukup fokus melakukan hal-hal yang memang kamu butuhkan dan sesuai dengan prioritas hidupmu saja. Dengan demikian, kamu bisa memiliki hati dan jiwa yang lebih tangguh. Sebab kamu tak lagi membuang-buang energi dan waktu untuk hal-hal yang memang berada di luar kendali dirimu.

 

 

4. Menyenangkan Diri Sendiri Sesuai Kebutuhan

Jadikan ini kebiasaan rutinmu. Kamu bisa menyenangkan dirimu sendiri dengan caramu sendiri. Meluangkan sedikit waktu untuk menikmati sesuatu yang kamu sukai bisa membuatmu merasa makin bahagia. Semangat dan motivasimu pun akan makin terjaga saat kamu bisa lebih menghargai hidupmu. Selain itu, kamu pun tak akan bergantung pada validasi atau pujian orang lain untuk membuatmu bahagia.

 

 

5. Menulis Jurnal

Kebiasaan menulis jurnal bisa bantu memperkuat mentalmu. Mengutip laman Reader's Digest, menurut sebuah penelitian tahun 2014 di Psychological Science, menulis jurnal bisa membuat kita bahagia meskipun tulisan yang dibuat terkesan biasa saja. Seringkali kita lupa hal-hal kecil yang membuat kita bahagia dalam hidup. Maka mendokumentasikan momen-momen sederhana bisa membuat kita bisa menemukan hal-hal baru dan mengejutkan yang sebelumnya kita lewatkan. Melakukan refleksi diri melalui menulis jurnal atau buku harian juga bisa hadirkan ketenangan sendiri.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk menempa mentalmu jadi lebih kuat lagi. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading