Sukses

Lifestyle

6 Ciri Kamu Punya Otak Cerdas IQ Tinggi Tanpa Kamu Sadari

Fimela.com, Jakarta Tidak harus selalu tes IQ untuk mengetahui seberapa cerdas dirimu, karena terkadang kecrdasan otak juga bisa dilihat dari kegiatan sehari-hari dan apa saja yang suka kamu lakukan terlepas itu sebagai kebiasaan atau bentuk dari sifat yang kamu bawa. Apalagi banyak imuwan menyakini bahwa definisi kecerdasan atau kepintaran otak manusia sebenarnya bukan hal yang mudah dan gamblang untuk diberi nilai. Beberapa ciri bisa kamu temukan jika ingin tahu apakah otakmu cerdas atau IQ tinggi, terutama jika memiliki sekian hal ini.

1. Kamu kreatif

Cukup dengan berpikiran kreatif sebenarnya sudah bisa menjadi indikasi bahwa otakmu lebih pintar dari yang kamu kira. Berpikir kreatif merupakan cara otak bekerja dengan fleksibel, memikirkan segala hal dengan cara yang berbeda dan unik, hal ini dibutuhkan proses berpikir yang tidak biasa, terutama mengubah pola pikir, melihat sisi lain dari sudut pandang dan memusatkan perhatian pada hal-hal yang mungkin tidak pernah dilihat orang.

2. Tidak semua orang paham dengan cara berpikirmu

Seringkali sulit bagi orang yang memiliki tingkat kecerdasan berbeda untuk menemukan kesamaan dan sefrekuensi dalam memahami sesuatu. Jika kamu sudah bicara dengan seseorang yang dianggap pintar di sekitarmu namun ia tidak memahami apa maksudmu, hanya ada dua kemungkinan, caramu menggunakan bahasa atau mengomunikasikan sesuatu yang bermasalah, atau kamu sebenarnya lebih cerdas darinya.

3. Pintar menyelesaikan game dan teka-teki silang

Pernahkah kamu menyelesaikan teka-teki silang atau games yang melibatkan pertanyaan dan memilih jawaban untuk menguji pengetahuan? Jika kamu sering mengetahui jawabannya dan mampu menyelesaikan semua kotak pada teka-teki yang rumit dan menantang dengan relatif mudah, kemungkinan besar kamu lebih pintar dari yang kamu kira. Seringkali memecahkan teka-teki, memecahkan kode, dan memerhatikan pola merupakan indikator IQ tinggi.

4. Sesuatu yang kamu anggap pengetahun umum, tidak diketahui banyak orang

Pernahkah menyadari bahwa kamu selalu mudah menjawab soal kuis di televisi, tahu banyak istilah, nama, sebutan dan hal-hal lain yang selama ini kamu anggap sebagai pengetahuan umum, tapi ternyata tidak semua orang tahu tentang hal itu. Banyak orang justru takjub karena kamu tahu banyak hal, padahal menurutmu itu sesuatu yang sepele dan sangat umum diketahui. Ini pertanda IQ otakmu sebenarnya lebih tinggi dari yang kamu duga.

5. Berpikir nalar dengan cepat

Jika otakmu mudah memahami sesuatu, itu juga menjadi ciri-ciri otak cerdas. Kamu menggunakan kemampuan nalar relatif cepat. Kamu mudah mengerti sesuatu yang tersirat atau tidak diungkapkan secara langsung, secara harfiah atau literal. Otakmu selalu mudah memproses informasi dan mendefinisikan dengan cepat dan tepat. Kemampuan penalaran abstrak ini memberi gambaran kecerdasan yang tinggi.

6. Cukup realistis di usia muda

Pernahkah menyadari bahwa di usiamu yang masih remaja, kamu sudah tak suka melihat teman-temanmu yang bertindak kekanak-kanakan? Misalnya teman cowok menjahili teman cewek karena ia sebenarnya menaruh rasa suka. Kamu selalu tahu lebih dulu kalau si cowok naksir tapi gengsi mengakui. Atau kamu mudah menganggap permasalahan pacaran remaja selalu tidak pernah serius, jadi kamu lebih suka menghabiskan waktu untuk belajar daripada gaya pacaran labil teman-temanmu.

Jika kamu termasuk orang yang mengalami sekian hal di atas dalam kehidupanmu sehari-hari, kemungkinan besar otakmu lebih cerdas tanpa kamu sadari, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading