Sukses

Lifestyle

8 Tips Cegah Mengantuk Setelah Makan Sahur di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Dalam hitungan hari ke depan, umat muslim di seluruh dunia akan sampai kepada bulan yang ditunggu-tunggu yakni bulan Ramadan. Dengan datangnya bulan Ramadan, itu artinya umat muslim diwajibkan untuk berpuasa Ramadan. Ada banyak hal yang perlu disiapkan selama menjalani ibadah puasa. Salah satu persiapan tersebut adalah makan sahur. 

Mengenai makan sahur, sebagian orang akan kembali tidur setelah sahur. Padahal nih Sahabat Fimela, tidur setelah sahur sangat tidak dianjurkan. Dalam Islam pun hal ini hukumnya makruh. Studi menemukan jika tidur setelah sahur bisa berdampak buruk buat kesehatan. Sebaiknya, usahakan untuk tetap terjaga setelah sahur. Bahkan, ketika kamu merasa sangat mengantuk sekalipun. 

Kira-kira, bagaimana cara untuk mencegah kantuk setelah sahur? Ada beberapa hal yang perlu dilakukan demi cegah kantuk setelah sahur. Berikut beberapa cara tersebut.

Mandi atau Berwudhu

Cara pertama untuk mencegah kantuk setelah sahur adalah mandi atau ambil wudhu. Sebaiknya gunakan air dingin untuk mandi atau berwudhu. Mandi bisa membuat tubuh terasa kebih segar. Ini juga bisa membuat pikiran lebih rileks dan semangat dalam menjalani ibadah puasa selama sehari ke depan. 

Minum Teh Jahe

Biasanya, orang-orang akan mencegah atau menghilangkan kantuk dengan minum teh jahe. Tapi konsumsi kopi saat sahur tidak dianjurkan. Sebaiknya ganti kopi dengan teh jahe. Teh jahe bisa membuat tubuh terasa lebih rileks namun tetap kuat serta semangat.

Olahraga Pagi

Cegah kantuk setelah sahur juga bisa dilakukan dengan berolahraga. Olahraga ringan seperti jalan pagi atau yoga, bisa bantu kamu mencegah kantuk. Ini juga bisa membuatmu tetap terjaga dengan tubuh yang terasa lebih bugar serta semangat.

Sibukkan Diri dengan Aktivitas

Setelah sahur, usahakan untuk sibukkan diri dengan melakukan beberapa aktivitas. Aktivitas seperti bebersih rumah, menyetrika atau mengerjakan pekerjaan yang belum selesai, bisa mengusir rasa kantukmu setelah sahur. Beraktivitas dengan menekuni hobi juga bisa mencegah kantuk berlebih setelah sahur. 

Minum Air Putih

Saat puasa tetap dianjurkan untuk mencukupi cairan tubuh. Salah satu cara mencukupi cairan tubuh adalah dengan minum air putih cukup. Usahakan saat sahur minum air putih yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Cairan yang tercukupi akan membantu tubuh terasa bugar, sehat dan semangat. Sedangkan kekurangan cairan, bisa bikin tubuh cepat lelah, mengantuk dan lemas. 

Konsumsi Makanan Bervariasi

Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi. Aneka makanan yang beragam dengan nutrisi seimbang, bisa membuat tubuh lebih bugar. Sebaiknya, konsumsi makanan mengandung protein, vitamin dan serat yang cukup serta seimbang. Tapi ingat, hindari makan berlebihan. Karena ini justru bikin cepat mengantuk. 

Tidur Lebih Awal

Saat malam, pastikan untuk memiliki waktu tidur yang teratur. Cobalah untuk tidur lebih awal agar di saat sahur tidak mengantuk. Tidur lebih awal akan membantumu tetap terjaga di waktu sahur pun di waktu siang saat menjalani ibadah puasa. 

Perbanyak Ibadah

Setelah sahur, sebaiknya gunakan waktumu untuk memperbanyak ibadah. Salah satunya yakni membaca al-quran. Kamu bisa membaca al-quran, berdzikir atau beribadah yang lain sembari menunggu waktu subuh tiba. Dengan cara ini, selain bisa mencegah kantuk, ini juga memungkinkanmu khatam al-quran selama bulan Ramadan. 

Itulah sekian cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kantuk setelah sahur. Selamat menyambut datangnya bulan Ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading