Sukses

Lifestyle

Buku Life as We Know It: Nyalakan Harapan Menyambut Hidup yang Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Merayakan momen spesial memasuki usia ke-44 tahun, ilustrator, seniman, desainer grafis, dan komikus ternama Mohammad Taufiq, yang dikenal dengan panggilan akrab Emte, meluncurkan novel grafis dan membuka pameran ilustrasi bertajuk Life as We Know It. Acara yang diselenggarakan bersama Gramedia Pustaka Utama ini diadakan pada hari Rabu (15/3), pukul 18.30 WIB berlokasi Ganara Art Space, Plaza Indonesia, Jakarta.

Nama Emte sebagai illustrator memang sudah tidak asing lagi di dunia literasi Indonesia. Ilustrasi karyanya sudah banyak menghiasi sampul dan isi buku dari berbagai penulis lokal dan luar negeri yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Ia juga pernah menerbitkan komik bisu berjudul Gugug (2018) dan Gugug 2 (2019). Novel grafis Life as We Know It merupakan buku ketiganya yang semakin menonjolkan ciri khas Emte sebagai seorang illustrator.

Life as We Know It berisi sekumpulan ilustrasi yang disiapkan oleh Emte semenjak 2,5 tahun silam, tepatnya ketika pandemi COVID-19 melanda bumi secara global. Dampak luar biasa yang diakibatkan oleh COVID-19 menjungkirbalikan kehidupan setiap manusia, termasuk Emte sendiri.

Lingkup sosial dan pekerjaan yang mengecil akibat pembatasan di banyak sisi membuat ia harus sering berhadapan dengan diri sendiri dan mempertanyakan banyak hal. Salah satu yang terbayang di benak Emte adalah, bisakah suatu hari nanti kita tidak mengalami hidup yang seperti ini lagi?

 

Harapan untuk Memiliki Kehidupan yang Lebih Baik Itu Selalu Ada

Kini, memasuki proses pemulihan dan beradaptasi dengan kehidupan yang baru setelah situasi membaik, sinar harapan yang semula hanya secercah kembali membesar.

“Tahun 2023 ini keadaan sudah semakin membaik dan ternyata kita bisa survive. Kita bisa mulai beraktivitas seperti biasa tanpa harus mengalami ketakutan berlebihan akan kengerian yang terjadi di 2020-2021,” ujar Emte.

Untuk itulah momen ulang tahun ke-44 ini Emte gunakan sebagai perayaan bahwa ia, dan kita semua, telah berhasil melewati masa-masa sulit di belakang, serta sebagai ajakan untuk kita agar bisa terus melanjutkan hidup tanpa rasa takut.

Goresan ilustrasi Emte dalam Life as We Know It menggambarkan manis pahit pengalaman hidup manusia yang dikemas begitu apik, dengan keunikan narasi Emte yang selalu mampu menyisipkan humor-humor satir dalam setiap gambarnya. Tidak usah khawatir akan menemukan ilustrasi yang mengingatkan kita suramnya masa pandemi, sebab tidak satu pun momen tersebut ia sisipkan di dalam buku.

“Saya tidak ingin buku ini mengingatkan kita dengan situasi pandemi, karena harapan saya adalah pandemi itu tidak pernah ada. Saya ingin buku ini dapat menjadi pengingat bahwa harapan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik itu selalu ada,” tambah Emte.

Pameran Life as We Know It berlangsung mulai 15 Maret sampai dengan 29 Maret 2023 di Ganara Art Space, Plaza Indonesia. Dalam pameran ini pengunjung bisa menikmati karya orisinil Emte yang ia tuangkan ke dalam buku dengan lebih dekat.

Buku Life as We Know It tersedia untuk dibeli secara luas di toko-toko buku daring dan luring mulai 22 Maret 2023. Bagi Sahabat Fimela yang sedang mencari buku baru untuk menemani aktivitas membaca, buku ini bisa menjadi referensi yang menarik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading