Sukses

Lifestyle

5 Sikap yang Membuatmu Lebih Mudah Bahagia Jalani Hidup

Fimela.com, Jakarta "Setiap orang hanya perlu mengusahakan kebahagiaannya sendiri-sendiri. Setiap orang bertanggung jawab atas kebahagiaan masing-masing," sebuah kutipan dari buku Merawat Luka Batin ini kembali menjadi pengingat bahwa untuk bahagia, kita perlu secara sadar mengupayakannya sendiri. Bisa dimulai dari membangun sikap dan cara pandang yang lebih positif dalam menjalani hidup.

Berikut ini ada lima sikap yang bisa kita miliki untuk memiliki kebahagiaan. Kita bisa lebih mudah bahagia menjalani hidup dengan menjaga sikap-sikap positif ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

 

1. Memilih Berfokus pada Hal-Hal yang Masih dalam Kendali Diri

Kita bisa sulit bahagia kalau terus memaksakan segala sesuatunya terjadi sesuai dengan kehendak atau keinginan pribadi. Padahal kontrol atau kendali kita terbatas. Ada hal-hal yang memang tak bisa kita perbaiki atau upayakan lagi karena sudah berada di luar kuasa kita. Yang bisa kita lakukan adalah menata fokus untuk melakukan hal-hal yang masih dalam kendali diri sebaik mungkin, maka kebahagiaan bisa kita dapatkan dengan lebih mudah.

 

 

2. Memetik Hikmah dari Kejadian Tak Menyenangkan

Di masa lalu mungkin masih ada hal-hal yang masih membuatmu kecewa atau menyesal. Ada hal-hal yang masih menghantui masa kini. Sampai ketika kamu berusaha untuk memetik hikmah atau pelajaran terbaik dari semua kejadian tersebut, maka kamu bisa mengalirkan kebahagiaan baru dalam hidupmu. Kebahagiaan bisa kamu dapatkan saat kamu berani bersikap lebih tegas memetik pelajaran terbaik dari kejadian yang sekiranya kurang menyenangkan.

 

 

3. Memperbanyak Rasa Syukur

Mengutip buku Happiness Inside, komplain dan kebahagiaan seperti terang dan gelap, keduanya tidak mungkin hadir berbarengan. Ketika komplain hadir, kebahagiaan bisa menghilang dan memudar. Daripada terlalu banyak mengeluh atau komplain, cobalah untuk memperbanyak rasa syukur. Hati yang penuh syukur akan terasa lebih lapang, sehingga kebahagiaan bisa lebih mudah hadir dalam keseharian.

 

4. Menghargai Diri Sendiri di Setiap Fase Kehidupan

 

Jadikan kebiasaan menghargai diri sendiri sebagai bagian paling fundamental dalam menjalani hidup. Hargai dan apresiasi upaya terbaik yang sudah kamu lakukan di setiap fase kehidupanmu. Maka, kamu bisa memiliki hati yang lebih tangguh. Ketangguhan hati ini pun bisa hadirkan kebahagiaan tersendiri sebab kamu merasa lebih optimistis dalam menjalani hidup.

 

 

5. Meningkatkan Kemandirian

Dalam hidup kita memang butuh keberadaan dan kehadiran orang lain. Kita perlu senantias terhubung dengan orang-orang terdekat kita. Di samping itu, kita juga perlu meningkatkan kemandirian kita. Sebab tidak setiap waktu kita bisa bergantung pada orang lain. Begitu pula dengan mendapatkan kebahagiaan, kita tak bisa terus menerus bergantung pada validasi orang lain untuk bisa bahagia setiap saat.

Lima sikap di atas bisa mulai diterapkan untuk menjadi pribadi yang lebih mudah bahagia dalam menjalani hidup. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading