Sukses

Lifestyle

5 Sikap Realistis untuk Membantumu Bangkit dari Titik Terendah Hidup

Fimela.com, Jakarta Saat berada di titik terendah hidup, segalanya terasa suram. Tak ada semangat untuk melangkah ke depan. Bahkan harapan hidup mulai pudar. Saat sedang terpuruk karena suatu persoalan, seringkali kita tak punya energi yang tersisa untuk bangkit lagi.

Memang butuh proses sendiri untuk bisa kembali bangkit. Meskipun sulit, tetapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Berikut ini ada strategi sederhana yang bisa dicoba untuk membantumu kembali melangkah ke depan dalam hidup.

 

 

1. Lihat Situasi Sebagaimana Adanya

Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Pemikiran yang sehat dan realistis berarti kita mampu melihat situasi sebagaimana adanya. Bukan berarti kita selalu berpikiran positif, tidak memiliki masalah, tidak pernah merasakan stres, tidak pernah sedih, dan selalu bahagia sejahtera." Cobalah untuk melihat dan menerima realitas yang ada. Kalau memang persoalan yang kamu hadapi saat ini terasa berat, sadari dan terima situasi yang ada. Untuk bisa bangkit lagi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menerima kenyataan yang sedang dihadapi saat ini.

 

 

 

2. Cobalah Mengeksplorasi Solusi Terbaik

Setelah kamu menyadari situasi sebagaimana adanya, kamu bisa mulai mengeksplorasi cara-cara untuk mengatasi persoalan yang sedang kamu hadapi. Saat berada di titik terendah hidup, perlahan cobalah perluas cakrawala pemikiranmu. Temukan dan hadirkan berbagai alternati pemecahan solusi. Eksplorasi semampumu untuk mendapatkan sejumlah pilihan yang bisa diambil untuk kembali menemukan semangat hidup.

 

 

3. Hargai Semua Usaha yang Sudah Kamu Lakukan

Memang tak semuanya berjalan sesuai rencana atau keinginanmu. Berada di titik terendah ini pun tak pernah terbayangkan sebelumnya di benakmu. Sebelum makin mengasihani diri sendiri, cobalah untuk menghargai semua usaha yang sudah kamu lakukan. Hargai dan apresiasi semua upaya terbaik yang sudah kamu lakukan. Sadari kembali bahwa dirimu juga berharga dalam hidup ini.

 

 

4. Lepaskan Hal-Hal yang Memang Sudah Sepatutnya Direlakan

Kondisimu saat berada di titik terendah sudah sangat berat. Tak perlu makin menambah beban dengan menahan hal-hal yang memang sudah semestinya direlakan atau dilepaskan. Lapangkan hatimu untuk melepaskan hal-hal yang sudah berada di luar kendali dirimu. Letakkan perkara-perkara yang sudah berada di luar kuasamu. Perlahan relakan semua itu agar hatimu bisa terasa lebih lapang.

 

 

5. Lakukan Sesuatu yang Bisa Membuatmu Tersenyum

Untuk bisa bangkit lagi, kadang perlu diawali dengan sebuah langkah kecil. Tak harus melakukan sesuatu yang besar untuk bisa langsung bangkit. Bisa dilakukan dengan sesuatu yang sederhana atau kecil. Sesuatu yang bisa menghadirkan senyuman di wajahmu. Ketika sebuah senyuman bisa kembali menghiasi wajahmu, ini sudah bisa menjadi pertanda baik bahwa kamu sudah memiliki kekuatan baru untuk melangkah ke depan.

Semoga dirimu bisa lebih kuat dan tegar lagi, ya. Terima kasih sudah melakukan semua usaha terbaik untuk bertahan hingga sampai ke titik ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading