Sukses

Lifestyle

5 Alasan Mengapa Perempuan Penting untuk Memiliki Penghasilan Sendiri

Fimela.com, Jakarta Banyak beredar stereotip bahwa pria lebih layak untuk bekerja di bidang tertentu atau mengambil posisi kepemimpinan daripada perempuan. Setiap orang memiliki mimpi dan jalan kariernya masing-masing, tak terkecuali perempuan. Padahal perempuan juga memiliki hak yang sama dalam mengejar impian dan mencapai tujuan sesuai dengan bidang yang mereka pilih. 

Sayangnya, dengan ketidakseimbangan kesetaraan gender, perempuan masih belum mendapatkan hak dan peluang yang sama untuk memperjuangkan tujuan hidupnya. Hal ini dapat memengaruhi tidak hanya bidang pekerjaannya, tetapi juga berdampak keadaan finansial perempuan.

Betapa pentingnya karier pribadi untuk meningkatkan kemandirian, meningkatkan harga diri, mendorong perubahan sosial, dan juga menyejahterakan keluarga secara keseluruhan. Dengan memiliki penghasilan pribadi, mereka bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri dan tidak selalu bergantung pada pasangan maupun keluarga.

Bahkan, kita juga akan merasa dihargai dan lebih mandiri dalam menjalani hidup. Maka dari itu, dengan memiliki finansial mandiri tidak hanya akan menguntungkan hidup sendiri, tetapi juga bisa berdampak pada orang di sekitarnya. Untuk lebih lengkapnya, ada beberapa alasan mengapa perempuan penting untuk memiliki penghasilan pribadi;

Memenuhi kebutuhan hidup

Perempuan yang sudah berpenghasilan, otomatis dapat mengatur keuangan mereka sendiri dan tidak bergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Rasa kebebasan untuk mendapatkan pengalaman baru dan memenuhi keinginan hidupnya tanpa memikirkan beban hidup orang lain. 

Membantu menghidupi keluarga

Ketika perempuan sudah mencapai kemandirian finansial, selain untuk memenuhi kehidupannya sendiri, tentu mereka juga bisa membantu untuk mengurangi beban keuangan keluarganya. Seperti membantu membayar uang listrik, membantu membelikan perabotan baru, atau bahkan sekadar mentraktir makan bersama dengan keluarga tercinta. Ditambah lagi dengan biaya hidup saat ini yang sudah serba-mahal. Dengan cara ini orangtuamu akan bangga melihat kesuksesan anaknya.

Lebih percaya diri

Kepercayaan diri yang paling baik adalah melalui dalam diri seseorang. Memiliki finansial mandiri dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri secara signifikan karena diri mereka sudah siap untuk menghadapi rintangan apapun secara langsung. Dengan rasa percaya diri yang tinggi akan memengaruhi aspek kariermu secara tidak langsung. Maka dari itu, performa kerja kamu akan meningkat dan kamu akan lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Menjadi inspirasi

Pencapaian finansial yang stabil dapat dicapai oleh semua orang, tanpa melihat jenis kelamin mereka. Patahkan dan buktikan bahwa stigma tentang pria lebih layak memiliki finansial yang stabil itu tidak benar. Kita harus buktikan bahwa perempuan sama mampunya untuk memiliki finansial mandiri yang stabil, sehingga sudah tidak ada lagi persepsi bahwa perempuan lebih rendah daripada pria. Dengan ini, akan memberikan inspirasi dan dorongan untuk sesama perempuan untuk mulai mengatur keuangan dan memiliki tabungan sendiri. 

Dapat diandalkan

Betul halnya, perempuan dengan penghasilan sendiri dapat diandalkan dalam aspek material maupun profesional. Mereka memiliki kemampuan untuk mengatur segala keuangan dan mengambil keputusan yang tepat dalam kehidupannya. Dalam hal pekerjaan, perempuan dengan finansial yang stabil bisa diandalkan karena mereka telah membuktikan kemampuan mereka dan memberikan kontribusi yang baik di tempat mereka bekerja.

Setelah memahami pentingnya memiliki penghasilan mandiri, kesimpulannya adalah bahwa memiliki penghasilan stabil bisa dicapai tidak hanya untuk pria. Tetapi juga perempuan layak dan bisa buktikan bahwa mereka mampu untuk mengatur finansial secara mandiri. Selain untuk memenuhi kehidupannya sendiri, juga bisa membantu keluarga dan kerabat terdekatnya.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading