Sukses

Lifestyle

Ampuh Banget, Ini Cara Mudah Menghilangkan Kutu Rambut Beserta Telurnya

Fimela.com, Jakarta Kutu yang bersarang di kulit kepala serta rambut sudah pasti bikin kesal dan risih siapapun. Sebab, keberadaan mereka bisa membuat kepala gatal dan juga kotor. Bahkan, sangkin nggak tahannya, bisa saja kamu menggaruk kepala dengan nggak sabaran hingga akhirnya menimbulkan luka atau lecet yang terasa perih.

Meski begitu, kamu nggak perlu merasa resah serta khawatir jika kepala menjadi sarang kutu beserta telurnya. Pasalnya, ada beberapa trik jitu yang bisa dicoba agar makhluk kecil sekaligus telur yang belum menetas musnah dari area kepalamu. Seperti apa ya itu?

Gunakan Obat Pembasmi Kutu

Tips pertama yang bisa dicoba untuk membasmi kutu dan telur-telurnya adalah dengan menggunakan obat pembasmi kutu. Produk ini biasanya dijual dalam bentuk cairan seperti lotion dan memiliki aroma yang wangi. Jika ingin memakainya, kamu hanya perlu mengoleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata. Setelah itu, diamkan selama 10-20 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Pakai Sisir Serit

Selain obat pembasmi kutu, terdapat pula sisir khusus yang memang ditujukan untuk menangkap kutu beserta telur-telurnya yang kecil. Sisir ini sendiri memiliki rongga yang cukup rapat. Selain itu, bentuknya juga cukup bergigi, tipis, dan keras sehingga dinilai efektif untuk mengambil kutu yang bersarang di kulit kepala. Untuk memakai alat ini, sebisa mungkin basahi rambut agar nggak kusut dan lebih mudah disisir.

Manfaatkan Shampo Khusus 

Cara selanjutnya yang bisa dipertimbangkan adalah dengan memanfaatkan shampo khusus kutu. Sekarang ini, terdapat berbagai produk shampo khusus kutu yang dijual secara bebas. Jika tertarik menggunakan tips ini, kamu bisa memilih shampo yang mengandung permethrin. Zat ini merupakan obat dengan kandungan anti jamur dan anti parasit yang ampuh membasmi kutu serta telur yang ada di kepalamu. Gunakan sebanyak 2 kali seminggu sampai rambut bebas seluruhnya dari kutu beserta telur yang mengganggu.

Oleskan Minyak Essensial

Tips terakhir yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya adalah dengan mengoleskan minyak essensial. Minyak seperti ini pada dasarnya memiliki aroma khusus yang nggak disukai beberapa hewan kecil, termasuk kutu rambut. Adapun cara memakainya adalah dengan mengoleskan minyak essensial secara menyeluruh dan merata. Diamkan selama beberapa jam agar minyak menyerap ke celah-celah rambut yang menjadi sarang kutu. Setelahnya, keramas dengan shampo dan bilas hingga bersih.

Jadi, sudah tahu bukan langkah seperti apa yang harus dilakukan untuk membasmi kutu rambut beserta telurnya? Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading