Sukses

Lifestyle

Gandeng Influencer dan Entrepreneur, Pegadaian Webinar Bagi Inspirasi Kembangkan Usaha di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan yang sudah di depan mata memang bisa membawa berkah untuk masyarakat. Nggak hanya menjadi ladang pahala bagi umat muslim yang menjalani ibadah puasa saja, tapi juga membuka lebar peluang usaha di bulan Ramadan untuk masyarakat umum. Tapi, bagaimana sih caranya memulai usaha menyambut momen bulan suci ini? 

Pegadaian Webinar pun hadir untuk berbagi inspirasi bagi Sahabat Fimela yang ingin mulai mewujudkan mimpi bangun usaha sendiri. Hadir secara online pada 13-16 dan 20 Maret 2023 lalu, event ini menghadirkan para speakers berpengalaman dalam bidangnya, seperti influencer dan entrepreneur dalam 61 webinar. 

Nggak sempat ikutan? Petik inspirasi dengan mengintip highlight serunya di sini, yuk!

Tunjukkan Konsep Bisnismu yang Terbaik

Pegadaian Webinar hadir di Probolinggo dengan menggandeng Vingkan Anggraini (Influencer & Business Woman) dan Nanang Siswanto (Pemimpin Cabang Pasuruan). Talkshow berlangsung secara seru banget karena kedua narasumber saling berbagi insight baru untuk para peserta yang mengikuti sesi online event tersebut. 

"Saat itu saya mulai memikirkan untuk memiliki bisnis dan bisnis ini yang memang saya sukai atau hobi saya sendiri. Jadi supaya tidak ada bosan saat jalani. Hobi saya jadi sebuah pekerjaan, dan karena saya kaum milenial saya ingin mengembangkan bakat dan membuka lapangan pekerjaan," ungkap Vingkan ketika bercerita tentang motivasinya menjadi seorang entrepreneur. 

Setelah dijalani, Vingkan merasa ternyata membangun bisnis nggak semudah yang dibayangkan. "Langkah awal ternyata saya mengalami kendala dalam modal, konsistensi, dan profit pendapatan. Jadi ada prosesnya yang nggak mudah. Saat itu saya masih berusia 26 tahun dan terkendala di modal. Hal ini berpengaruh di mental karena tidak direstui orang tua. Saya mulai berpikir gimana cara dapetin duitnya di usia 26 tahun?” ceritanya. 

Saat itu, aset yang dimilikinya adalah cincin emas pemberian orang tuanya. Ia mulai mempertimbangkan untuk menjualnya, tapi ia pun ragu karena nanti tidak bisa mendapatkannya kembali. 

"Akhirnya setelah berpikir panjang, saya memutuskan untuk membawanya ke Pegadaian di mana saya bisa mendapatkan uang tunai, tapi juga masih bisa mendapatkan cincin saya kembali," ungkap Vingkan.

Vingkan pun memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membangun usaha di bulan Ramadan. 

“Kesempatan yang bagus membuka usaha di bulan Ramadan, terlebih di bidang fashion. Fokus pada peluang bisnisnya, entah itu makanan, pakaian, yang cocok untuk Ramadan dan hari raya. Lakukan hal yang kamu sukai karena bisnis sifatnya long lasting, jadi kamu ada di fase nggak pernah bosan dan terus berinovasi. Selalu mau belajar dari orang lain dan tunjukkan bahwa konsep bisnis kamu yang terbaik,” pungkas Vingkan. 

Bangun Mindset Sebagai Entrepreneur

Kota selanjutnya yang menjadi sasaran Pegadaian Webinar kali ini adalah Tegal. Dalam event tersebut, hadir Apt. Faqih Difran Hanif (founder dan CEO Bijakobat.id) serta Tyas Ari Hidayat dari Pegadaian Cabang Brebes. 

Dalam webinar kali ini, Faqih banyak berbagi tentang pentingnya membangun mindset yang tepat jika ingin menjadi seorang entrepreneur. 

"Secara umum kita itu memiliki fix mindset, jadi saat dapat masukan apapun jadinya mental semua. Ini yang nggak bisa dimiliki entrepreneur. Seorang entrepreneur itu harus punya Growth Mindset. Jadi pemikiran yang harus terus bertumbuh. Oke misalnya saya nggak punya kemampuan, tapi saya bisa belajar dan berkembang lebih baik lagi," jelas Faqih.

Dalam pelaksanaannya, Faqih pun mengakui jika pasti akan menemukan banyak hambatan dan persepsi saat akan memulai usaha. Ada yang merasa kendala usia terlalu muda atau tua, merasa tidak berbakat, nggak punya modal, atau malah malas memulai. Padahal masih bisa diatasi dengan banyak cara, misalnya kalau nggak punya modal bisa menggunakan sistem pre order terlebih dulu. 

"Dalam bisnis itu ada yg namanya Red Ocean, udah banyak yang bisnis serupa tapi ikannya sedikit. Bukan berarti kita nggak bisa berbisnis di Red Ocean, karena kita masih bisa menciptakan inovasi. Tapi alangkah lebih baiknya kalau kita bisa menciptakan Blue Ocean atau peluang bisnis yang baru," terang Faqih kemudian. 

Tak Perlu Bingung Modal, Jalankan Bisnismu Sekarang

Dalam webinar di Denpasar, hadir Lidya Praditta (owner Dya Management) dan Bambang Arie Soeparie (Pemimpin Cabang Hardys) yang berbagi kepada para audiens yang berpartisipasi. Lidya membuka sesi webinar dengan sharing bagaimana dirinya adalah sosok yang suka melakukan pekerjaan apa saja, hingga akhirnya membangun manajemen artis sendiri yaitu Dya Management. 

"Kenapa saya memilih jadi entrepreneur, karena memang saat saya bekerja waktu itu di salah satu perusahaan di bidang truk dan bus selama 4 tahun hingga saya punya anak, saya kesulitan membagi waktu saya dengan anak karena sering pulang malam. Akhirnya saya memutuskan resign agar bisa menghabiskan wkatu dengan anak. Setelah resign saya pusing lagi nih mau ngapain ya? Akhirnya saya mencoba bikin Instagram, upload foto, saya mulai bikin management sendiri dan mengajak teman artis dan influencer untuk bergabung," cerita Lidya. 

Sebagai istri dan juga seorang ibu, Lidya memiliki tips tersendiri dalam membagi waktu menjalankan perannya. Ia bekerja di sela kesibukan saat menunggu anaknya pulang sekolah, atau malam hari ketika anak-anak sudah tidur. 

Bulan Ramadan kali ini pun menurutnya bisa menjadi peluang usaha yang bagus untuk membuka usaha sendiri. 

"Buat teman-teman yang mau bangun usaha tapi bingung modal, bisa banget nih memanfaatkan produk dari Pegadaian," pungkasnya.

Mulai Usaha bersama Pegadaian

Sudah mulai terinspirasi untuk memiliki usaha sendiri seperti para influencer dan entrepreneur di atas? Nggak perlu bingung kalau terkendala modal, karena Pegadaian bisa jadi solusinya. Bahkan, Vingkan Anggraini juga membuka usaha pertamanya berbekal memanfaatkan produk gadai dari Pegadaian, lho. 

Ada banyak kemudahan yang bisa diperoleh dari Pegadaian untuk mewujudkan usaha impian. Prosesnya cepat karena Pegadaian sudah bertransformasi digital, sehingga bisa dilakukan secara online lewat aplikasi. Selain itu, transaksi di Pegadaian juga dijamin keamanannya karena sebagai salah satu BUMN terbaik di negeri bersama BRI Group, Pegadaian sudah terdaftar dan diawasi OJK. Transaksinya juga murah, bisa dibayar harian, mingguan, atau bulanan. 

Mengoptimalkan aset usaha bisa dilakukan dengan produk gadai yang bisa memenuhi kebutuhan dana tanpa perlu menjual barang. Lalu, barang apa saja sih yang bisa digadaikan? Ada emas atau perhiasan, kendaraan, barang elektronik dan rumah tangga, hingga surat berharga seperti sertifikat tanah baik itu tanah pekarangan maupun tanah yang ada bangunannya. Untuk mendukung ekosistem UMKM, Pegadaian juga memiliki produk Pegadaian KUR Syariah yang terbilang murah, karena hanya setara 3% per tahun.

Semakin terinspirasi untuk meningkatkan kesempatan bisnis bersama Pegadaian? Yuk, lakukan sekarang juga! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading