Sukses

Lifestyle

Bacaan Niat Puasa Ramadan, Kapan Dibaca dan Manfaatnya

Fimela.com, Jakarta Tak lama lagi, umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan yang mulia dan penuh keistimewaan yakni bulan Ramadan. Pada tahun ini, bulan Ramadan akan dimulai pada tanggal 23 Maret 2023 atau pada hari Kamis. Meski begitu, untuk ketetapan tanggalnya, akan diumumkan lagi menjelang malam Ramadan sesuai keputusan hisab dan hilal ahli ulama.

BACA JUGA: Bacaan Serta Niat Puasa 9 Dzulhijjah Sebelum Idul Adha

Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, salah satu rukun wajibnya yakni membaca niat puasa Ramadan. Niat ini menjadi hal yang wajib dilakukan seluruh umat muslim yang hendak menjalankan ibadah puasa. Niat bisa dibaca dari dalam hati atau dibaca secara langsung.

BACA JUGA: Doa Sahur, Anjuran Dan Sunah Lengkap

Hukum Membaca Niat Puasa Ramadan

Membaca niat puasa Ramadan hukumnya wajib. Berpuasa Ramadan tanpa niat sebelumnya, puasa tersebut akan sia-sia atau tidak sah. Mengutip dari laman nu.or.id, Senin (20/3/2023), saking pentingnya niat puasa Ramadhan, dalam salah satu hadist, Nabi Muhammad SAW menyebut, berpuasa tanpa niat di malam harinya dianggap tidak sah.

“Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya," (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).

 

Bacaan Niat Puasa Ramadan

Adapun niat puasa Ramadan yang wajib dibaca secara langsung pun dari hati adalah sebagai berikut: 

Berikut adalah doa dan niat untuk berpuasa selama sebulan penuh:

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma jami'i syahri ramadhani hadzihis sanati taqlidan lil imami Malik fardhan lillahi ta'ala

Artinya: “Saya niat puasa sebulan penuh pada bulan Ramadan tahun ini mengikuti pendapat Imam Malik untuk memenuhi kewajiban karena Allah SWT.”

Berikut adalah niat puasa yang wajib dibaca setiap malam di bulan Ramadan sebelum berpuasa: 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta'âla.

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Kapan Niat Puasa Ramadan Dibaca?

Niat puasa Ramadan pada malam hari sebelum berpuasa. Niat bisa dibaca setelah salat maghrib hingga sebelum memasuki waktu subuh atau terbitnya fajar. Niat puasa Ramadan ini wajib dibaca setiap hari selama sebulan di bulan Ramadan setiap kali akan puasa. 

Jika melupakan atau tidak membaca niat puasa di malam hari hingga sebelum subuh, maka puasanya dianggap tidak sah. Umat muslim yang lupa tidak membaca niat puasa Ramadan sebelum berpuasa, diwajibkan untuk mengganti puasa Ramadan di hari lain di luar bulan Ramadan.

Manfaat Membaca Niat Puasa Ramadan

Membaca niat puasa Ramadan memiliki beberapa manfaat. Selain sebagai kewajiban agar puasa diterima dan sah, berikut juga beberapa manfaat dari membaca nita puasa yang penting diketahui.

Pengingat. Yang pertama, niat berpuasa Ramadan sebagai pengingat bahwa umat muslim berada di bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan yakni bulan Ramadan. Ini sebagai pengingat kepada diri sendiri agar lebih taat, tawakkal dan semangat dalam menjalani ibadah karena Allah SWT.

Meningkatkan keikhlasan. Niat berpuasa Ramadan juga sebagai cara untuk meningkatkan rasa ikhlas dalam hati. Rasa ikhlas untuk beribadah hanya karena Allah SWT. Ikhlas megikuti segala perintahNYA dan menjauhi segala laranganNYA. 

Menambah pahala. Niat berpuasa akan menambah pahala dalam berpuasa. Ini juga menambah kesabaran serta ketulusan diri dalam menjalankan ibadah. Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda kepada mereka yang tulus ikhlas menjalankan ibadah karenaNYA. Pahala ini akan jauh lebih berlipat saat kita sungguh-sungguh dan tulus beribadah di bulan puasa Ramadan.

Itulah sekilas mengenai niat puasa Ramadan, bacaan dan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menyambut datangnya bulan puasa Ramadan. Yuk, lebih tingkatkan lagi ibadah kita ke depannya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading