Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Orang yang Lebih Baik dari yang Kamu Kira

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita tidak bisa menilai diri kita sendiri dengan baik karena akan selalu ada sisi bias atau tidka objektif dalam menilai diri sendiri. Seringkali, orang lainlah yang Lebih bisa menilai diri kita. Tapi sebaik apa kita sebagai manusia? Beberapa orang suka melebih-lebihkan dirinya sendiri, sedangkan sebagian lainnya merasa dirinya tak terlalu baik. Jika ingin tahu seberapa baik dirimu, ini sekian tanda kamu lebih baik dari yang kamu kira.

Baca juga: Kata Bijak Motivasi Kerja Yang Menginspirasi Dan Membangkitkan Semangat  

 

1. Kamu penuh empati dan kasih sayang

Kamu orang yang lebih baik dari yang kamu kira jika memiliki empati dan kasih sayang terhadap sesama dan sekitarmu. Tidak ada yang membuat seseorang lebih manusiawi selain rasa empati dan kasih sayang. Kamu suka membantu, menolong, berbagi, peduli dan memberikan senyum ke semua orang. Kamu juga sangat penyayang, bukan hanya kepada anak kecil, hewan peliharaan atau orang tua, tapi juga lingkunganmu, seperti merawat tanaman dan lingkungan yang bersih.

2. Kamu tidak punya niatan buruk

Salah satu cara utama mengidentifikasi orang baik adalah melalui pikiran, perkataan, dan tindakannya, menurut psikolog dan penulis Rick Hanson Ph.D, seperti yang ia tulis dalam Psychology Today. Seseorang yang baik cenderung bersikap baik, memiliki niatan baik dan pikiran positif kepada orang lain. Ia pandai mengerem amarah, tidak mudah tersulut emosi dan penyabar. Ia juga memiliki kemurahan hati, tidak manipulatif dan kemauan untuk memahami sekitarnya.

3. Kamu bertanggung jawab atas kesalahanmu

Kamu tidak lari dari tanggung jawab dan kenyataan. Jika melakukan kesalahan, kamu sadar diri dan mengakui kesalahan tersebut. Kamu juga tidak menyalahkan atau melimpahkan kesalahan kepada orang lain karena merasa paling benar.  Kamu tahu bahwa setiap tindakan menuntut tanggung jawab dan memiliki risikonya sendiri, jadi ketika apa yang kamu lakukan berakibat buruk, kamu meminta maaf dengan tulus, memperbaiki kesalahanmu dan bertanggung jawab atas tindakanmu. 

4. Kamu tak lupa bersikap baik pada diri sendiri

Banyak orang tak sadar telah memperlakukan dirinya sendiri dengan buruk. Kamu terlihat sangat baik kepada orang lain, tapi mengabaikan dirimu sendiri. Pada akhirnya kamu stres sendiri. Tapi kamu termasuk orang yang baik ketika baik kepada orang lain dengan tidak melupakan bersikap baik pada diri sendiri. Orang-orang berpikir bahwa menjadi orang baik adalah dengan bersikap baik saja pada orang lain. Sebenarnya itu salah. Kamu harus menempatkan dirimu sebagai prioritas, kemudian kamu akan menikmati melakukan kebaikan untuk orang lain.

5. Kamu yakin bisa belajar dan berkembang dari masalah hidup

Orang-orang yang mampu berpikir bahwa dirinya justru bisa belajar menjadi orang yang lebih baik dengan adanya ujian, masalah, dan tantangan hidup, sebenarnya dia adalah orang baik. Hanya orang baik yang mampu berpikiran positif dan optimis, bahkan rasa marah dan kebenciannya akan ia gunakan untuk memotivasi diri agar bisa bangkit dan tidak terjebak masa lalu. Ia tidak menyesali apa yang terlah terjadi, tapi ia belajar untuk tak mengulangi keslahan yang sama dan menjadi pribadi yang lebih kuat.

Jika kamu memiliki semua tanda di atas, tidak diragukan lagi kamu lebih baik dari yang kamu kira selama ini, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading