Sukses

Lifestyle

7 Tips agar Tetap Semangat Bekerja di Tengah Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Saat mengisi energi pada saat sahur dan berbuka puasa, kamu tidak perlu makan secara berlebihan. Sebaliknya, makanlah dalam porsi sedang untuk sahur karena makan berlebihan justru hanya akan membuatmu merasa mudah mengantuk dan tidak bertenaga.

Meski memasuki bulan ramadan, tentu kita tidak meninggalkan pekerjaan kita. Meski menjalankan ibadah puasa kita harus tetap produktif. Nah, untuk menjaga produktivitas, kita perlu menjaga dan termotivasi agar tetap bersemangat bekerja sembari menjalankan ibadah puasa. Lalu bagaimana agar kita tetap termotivasi saat bekerja selama bulan ramadan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memiliki Tekad

Akan dirimu untuk bekerja dengan semangat dan energi. Meskipun kita mungkin menghadapi lebih banyak tantangan selama Ramadan karena kewajiban agama seperti berlatih menahan diri dari rasa lapar dan emosi serta pikiran negatif, pastikan kamu melakukannya dengan motivasi. Ketika kamu bertekad, tips selanjutnya akan mudah diikuti.

2. Makan Sahur dan Berbuka Secukupnya

Ingat, saat mengisi energi saat sahur dan berbuka puasa, kamu tidak perlu makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dalam porsi sedang untuk sahur karena makan berlebihan akan membuatmu mengantuk dan tidak bertenaga. Pilih menu seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, dan serat dalam asupanmu. Makanan yang mengandung serat membantumu kenyang lebih lama. Juga, makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan.

3. Memperhatikan Waktu Tidur

Ada dua jadwal tidur yang harus kamu perbaiki, pertama, jadwal malam. Jika kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam, lebih baik kamu mengubahnya. Cobalah tidur lebih awal karena kamu juga harus bangun lebih awal dari pada bulan-bulan selain Ramadan. Jadwal kedua setelah sahur dan sholat subuh. Mungkin lebih baik jika kamu tidak melanjutkan tidur setelah sahur karena dapat menyebabkan kamu merasa lesu setelahnya. Lebih baik lanjutkan dengan olahraga atau aktivitas lain yang memberi energi.

4. Memiliki Aktivitas Lain yang Menyenangkan

Gunakan waktu istirahat makan siang untuk melakukan beberapa aktivitas yang membuatmu segar dan rileks seperti berolahraga, berjalan-jalan di kantor, atau sesekali mengobrol dengan rekan kerja. Kamu juga dapat menggunakan istirahat makan siang untuk tidur siang singkat selama 20-30 menit. Kegiatan ini akan membantumu merasa segar kembali dan siap untuk bekerja kembali.

5. Hindari Konsumsi Kafein

Pada hari biasa, kafein dapat membantu kita merasa waspada terutama saat kita merasa mengantuk. Namun, selama bulan puasa, kafein tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur atau saat berbuka puasa karena dapat melukai perut dan membuatmu sakit.

6. Tetap Menjaga Kesehatan

Tubuhmu adalah milikmu, kenali itu. Hindari makanan yang tidak sehat, aktivitas yang tidak produktif dan sejenisnya. Jika kamu sehat, kamu dapat mengatasi semua tantangan dan tampil maksimal di tempat kerja.

7. Taat Beribadah

Bagian penting dari ramadan adalah ketaatan pada ritual ibadah. Jika ibadah yang konsisten adalah perjuangan sebelum bulan penuh berkah, ramadan adalah momen bagimu untuk meningkatkannya. Last but not least, beribadah dengan segala ketulusan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading