Sukses

Lifestyle

5 Sikap yang Membuat Mentalmu Makin Kuat sebagai Perempuan Karier

Fimela.com, Jakarta Bekerja dan berkarier menghadirkan pengalaman tersendiri. Bagi kita yang memilih untuk menjadi perempuan karier pastinya kita sudah cukup paham bahwa tantangan baru akan selal kita hadapi ke depannya. Dengan semua rutinitas bekerja dan aktivitas yang padat kita mungkin rentan mengalami stres, tetapi mental kita juga bisa makin kuat seiring dengan berjalannya waktu.

Kali ini mari coba luangkan waktu sejenak untuk meningkatkan kualitas diri kita. Mengoptimalkan beberapa sikap ini bisa membantu memperkuat mental kita sebagai perempuan karier. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Sikap Optimis Melihat Masa Depan

Mengutip buku Man's Search for Meaning, "Secara naluriah, beberapa tawanan mencoba menemukan tujuan masa depan masing-masing. Itulah salah satu ciri khas manusia yang aneh, bahwa dia hanya bisa hidup dengan melihat ke masa depan—sub specei aeternitatis. Dan inilah yang menyelamatkan manusia di saat-saat paling kritis dalam kehidupannya, meskipun kadang-kadang dia harus memaksa pikirannya untuk mencari sasaran tersebut." Berdasarkan pemaparan Viktor E. Frankl tersebut tentang tawanan yang bertahan hidup dengan menjaga optimisme soal masa depan, maka kita bisa mengambil pesan bahwa sikap optimis tersebut bisa bantu memperkuat mental kita. Rutinitas bekerja yang berat bisa kita jalani saat kita memiliki keyakinan akan masa depan yang lebih baik.

 

 

2. Sikap Berani Memilih Bahagia

Selama kita tahu cara membahagiakan diri sendiri, kita bisa memiliki kekuatan untuk terus berjalan ke depan. Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Setiap orang hanya perlu mengusahakan kebahagiaannya sendiri-sendiri. Setiap orang bertanggung jawab atas kebahagiaan masing-masing." Saat kita bisa mengupayakan kebahagiaan sendiri di tengah rutinitas bekerja dan berkarier, kita bisa selalu memiliki kekuatan untuk senantiasa memperjuangkan semua hal terbaik dalam hidup.

 

 

3. Sikap Menghargai Diri Sendiri

Hargai dirimu sendiri sebagai salah satu caramu untuk mencintai diri sendiri dengan lebih sehat. Mengutip buku How to Love, orang yang hanya mendapat serangan ketika seharusnya dicintai akan kesulitan untuk mencintai karena tidak pernah dicintai. Jangankan terhadap orang lain, mereka bahkan tidak tahu cara mencintai dirinya sendiri. Bekerja dan berinteraksi dengan banyak orang kadang membuat kita merasa tidak dihargai oleh orang lain. Supaya tidak gampang terpuruk ketika dihadapkan pada situasi tersebut, maka kita perlu lebih menghargai diri sendiri.

 

 

4. Sikap Mandiri

Memilih suatu pekerjaan untuk ditekuni pasti akan menuntut tanggung jawab yang lebih besar. Bahkan setiap pilihan yang kita ambil dalam hidup kadang masih dicibir dan dipandang sebelah mata oleh orang lain. Di sini, kita perlu memperkuat sikap mandiri. Dengan kemandirian yang terus kita asah, kita bisa memperkuat mental kita untuk bertahan di dunia kerja. Setidaknya dengan terbiasa mandiri kita bisa terus termotivasi untuk belajar hal-hal baru dalam hidup sesuai dengan kebutuhan.

 

 

5. Sikap Mau Belajar

Dunia terus berubah. Perubahan demi perubahan akan kita hadapi dalam hidup. Untuk bisa bertahan di dunia kerja, kita perlu terus belajar hal baru. Jangan hanya pasif dan berdiam diri jika ingin memiliki mental yang lebih kuat. Justru, terus asah dan maksimalkan potensi diri untuk bisa makin sukses di dunia kerja yang kita geluti.

Semoga kamu bisa senantiasa bahagia dan juga sukses dalam bidang yang kini sedang kamu tekuni, ya. Bekerja bisa menghadirkan kepuasan batin tersendiri dan membuat hidupmu terasa lebih berarti.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading