Sukses

Lifestyle

Jangan Panik, Ini 5 Cara Sembuhkan Sengatan Lebah Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Sengatan merupakan cara lebah untuk mempertahankan dirinya dari predator. Tak hanya dari hewan predator, lebah terkadang juga menyengat manusia yang dirasa mengganggu keamanannya.

Kalau kamu pernah disengat lebah, kamu pasti merasakan seberapa sakitnya. Tidak hanya sakit, sengatan lebah juga meninggalkan bekas seperti benjolan yang tak nyaman.

Sebenarnya untuk mengatasi sengatan lebah ini tidak sulit kok, kamu bisa menggunakan obat-obatan yang bisa kamu beli di apotek terdekat. Namun kamu juga bisa mengatasi sengatan lebah menggunakan cara-cara alami seperti cara berikut ini.

1. Es Batu

Kompres bagian yang disengat dengan es batu. Jika terlalu dingin, bungkus es batu dengan kain tipis dan kompres selama 20 menit atau hingga terasa mendingan. Es batu berfungsi melancarkan peredaran darah dan meredakan bengkak. Es batu juga membuatmu mati rasa sehingga sakit sengatan lebah tak begitu terasa.

2. Pasta gigi

Pasta gigi bisa meredakan sensasi terbakar atau panas pada bagian yang disengat sekaligus meredakan bengkak. Odol juga membantu menetralisasi racun dari sengatan sehingga luka bisa disembuhkan dengan lebih cepat.

3. Baking Soda

Buat campuran baking soda dengan sedikit air hingga jadi pasta. Oles ke bagian sengatan, cara ini bisa meredakan panas dan meredakan bengkak. Baking soda memberi efek dingin, biarkan hingga mengering atau selama 30 menit. Lakukan lagi hingga rasa sakit hilang.

4. Madu

Tersengat lebah madu? Cara yang mudah mengatasinya adalah dengan madunya. Oles merata dan biarkan selama 30 menit. Bahan alami ini mampu menyerap racun yang menyebar di bagian yang disengat.

5. Daun pisang

Ambil dan hancurkan sedikit daun pisang lalu bubuhkan pada bagian yang disengat. Getah daun pisang mampu meredakan bengkak dan menghilangkan rasa terbakar atau panas di kulit sehingga mempercepat penyembuhan.

Itulah 5 cara alami atasi sengatan lebah. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading