Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Harian untuk Membuatmu Bahagia saat Hidup Mandiri

Fimela.com, Jakarta “Whether you choose to move on from your struggles and enjoy life or waddle in your misery, life will continue.” (Germany Kent) Saat kamu memilih untuk hidup mandiri atau berusaha melanjutkan hidup dengan meningkatkan kemandirian, bakal ada tantangan dan persoalan baru yang akan kamu hadapi. Semua itu bisa membuat segalanya terasa lebih berat, tetapi bisa membuat hidupmu makin terasa bermakna.

Kamu pun bisa menciptakan kebahagiaanmu saat hidup mandiri. Bisa dimulai dari menerapkan sejumlah kebiasaan sederhana. Seperti kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

 

 

1. Mensyukuri Minimal 3 Hal Tiap Hari

Fokus pada hal-hal yang membuatmu merasa bersyukur bisa membantumu untuk bisa lebih mengapresiasi segala hal yang kamu miliki. Mensyukuri hal-hal sederhana bisa hadirkan kebahagiaan yang menghangatkan jiwa. Kamu bisa coba untuk setidaknya mensyukuri tiga hal dalam sehari. Bisa dari makanan yang kamu nikmati hingga cuaca pada hari itu. Bersyukur bisa membantumu bertahan melewati masa sulit, dan ini mendatangkan kebahagiaan sendiri.

 

 

2. Membuat Jadwal Kegiatan

Kamu bisa memiliki buku jurnal atau buku agenda khusus untuk mencatat jadwal harian hingga bulanan. Membuat jadwal kegiatan ini bisa meningkatkan kedisiplinan. Kedisiplinan yang membaik seiring dengan upaya kita untuk menjadi perempuan mandiri bisa menghadirkan kepuasan batin tersendiri. Kepuasan batin ini pun dapat menjadi sumber kebahagiaan terbesar dalam hidup.

 

 

3. Ciptakan Ritual Pagi

Bangun pagi bisa menjadi kebiasaan sederhana yang menghadirkan kebahagiaan sekaligus kenyamanan. Miliki ritual pagimu sendiri. Saat bisa bangun lebih pagi, kamu bisa punya waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri menyambut hari. Serta kamu bisa punya cukup waktu untuk sarapan dan mempersiapkan mentalmu untuk bisa lebih siap menjalani rutinitas hari tersebut.

 

 

4. Mencoba Hal Baru

Mencoba hal baru bisa menjadi kebiasaan yang bisa membuatmu makin bahagia. Dengan keseharian hidup mandiri, kamu memiliki cukup waktu dan kesempatan untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda. Tiap pengalaman baru yang kamu dapatkan akan hadirkan warna baru dalam hidup, dan ini bisa membuatmu makin bahagia.

 

 

5. Mengapresiasi Upaya Sendiri

Hidup mandiri bisa terasa sangat sulit dan menakutkan. Hanya bisa mengandalkan diri sendiri di situasi yang tak terduga bisa membuat kita merasa stres dan terteka sendiri. Di sini, kamu bisa coba untuk lebih teriasa mengapresiasi upaya sendiri. Walaupun upayamu belum sempurna, tapi keberanianmu untuk melakukannya sebaik mungkin sudah menjadi pencapaian sendiri.

Itu tadi lima kebiasaan sederhana yang bisa dicoba untuk hidup yang lebih bahagia sebagai perempuan mandiri. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading