Sukses

Lifestyle

5 Tips Buka Puasa Sehat Tanpa Takut Perut Begah

Fimela.com, Jakarta Saat ini kita telah memasuki bulan Ramadan, bulan penuh berkah. Sebagian besar umat Muslim menjalankan ibadah puasa dengan menahan hawa nafsu, makan dan minum. Saat berbuka tiba, tentu akan menjadi waktu terbaik untuk berkumpul bersama keluarga dan buka puasa berasama. Namun, apakah Sahabat Fimela sudah mempertimbangkan menu buka puasa yang sehat dan bergizi?

Nah, agar tetap sehat selama puasa, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat buka puasa. Apa saja kira-kira? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mulailah dengan Minum

Dehidrasi adalah salah satu yang kerap terjadi saat setelah menjalankan puasa. Dan selama Ramadan, ketika seseorang tidak minum air sepanjang hari, penting untuk menghidrasi diri dengan baik selama berbuka puasa. Namun, minumlah air dalam proporsi yang tepat sebelum makan dan jangan membuat diri merasa kembung sebelum makan malam.

2. Konsumsi Buah-buahan

Setelah puasa seharian, sangat jelas mendambakan sesuatu yang padat dan manis. Namun disarankan agar Sahabat Fimela menjauhi makanan dengan pengawet dan gula tambahan. Sebagai gantinya, pilihlah buah-buahan. Salah satu buah yang ideal untuk berbuka puasa adalah kurma. Kurma mengandung nilai gizi yang tinggi dan mengandung gula alami.

3. Konsumsi Sup

Memulai santapan buka puasa Ramadan dengan sup adalah pilihan yang bagus. Hal ini dapat membantumu mengatasi gangguan pencernaan yang sering dialami setelah perut kosong. Sup juga merupakan cara sederhana untuk tetap terhidrasi di tengah panas terik. Kamu bisa memilih beberapa jenis sup.

4. Tetap Jaga Keseimbangan

Memiliki pola makan yang seimbang selama Ramadan adalah penting. Mengonsumsi makanan tidak sehat dalam jumlah berlebih sekaligus dapat menyebabkan penambahan berat badan yang berlebihan. Kamu perlu menyeimbangkan nutrisi penting. Oleh karena itu, pilihlah makanan kaya protein seperti kacang-kacangan atau tahu untuk dimakan untuk menjaga massa otot. Seseorang bahkan bisa mengonsumsi ikan, kacang-kacangan, dan buah-buahan seperti alpukat untuk menjaga keseimbangan pola makan.

5. Karbohidrat

Mereka yang berpikir makan sehat dengan mengecualikan karbohidrat adalah salah. Saat berpuasa, tubuh berubah dan menggunakan simpanan karbohidrat yang disebut glikogen untuk mengisi energi. Hal ini penting bagimu untuk mengonsumsi karbohidrat untuk mengembalikan energi. Oleh karena itu, bersama dengan jumlah sayuran yang baik, tambahkan beberapa karbohidrat seperti ubi jalar, nasi merah, pasta, dan lain-lain ke dalam menu makanmu.

Well, pastikan selama berpuasa nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi ya, Sahabat Fimela. Pastikan mengonsumsi makanan sehat dan hindari makan gorengan secara berlebihan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading