Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Bisa Bahagia tanpa Harus Serba Mewah

Fimela.com, Jakarta Kemewahan bisa mendatangkan pengalaman yang istimewa. Bisa menghadirkan kebahagiaan karena segalanya terasa terpenuhi dengan mudah. Namun, kalau kita tak punya privilese kemewahan, kita masih bisa bahagia dengan cara kita sendiri.

Kamu pun bisa jadi selama ini sudah bisa bahagia tanpa harus hidup serba mewah. Tanda-tandanya bisa dilihat dari hal-hal berikut ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Tidak Lagi Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Mengikuti standar hidup mewah orang lain tak akan ada habisnya. Saat kamu sudah menyadari bahwa tiap orang punya jalan dan standar kebahagiaannya sendiri, kamu bisa bahagia dengan kehidupanmu sendiri. Mengutip buku Merawat Luka Batin, membandingkan dengan tidak adil akan membuat perasaan kita menjadi lebih buruk. Dengan kata lain, kamu bisa makin mudah bahagia saat sudah berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

 

 

2. Terbuka Menyambut Pengalaman Baru

Kebahagiaan tak hanya bersumber dari gaya hidup serba mewah saja. Saat kamu terbuka menyambut dan mencoba pengalaman baru dan berbeda, kamu bisa menemukan kebahagiaan tersendiri. Kamu pun akan mudah bahagia saat kamu selalu bersemangat mencoba hal-hal baru.

 

 

3. Bisa Menerapkan Dikotomi Kendali

Saat kamu bisa menerapkan dikotomi kendali, kamu bisa lebih mudah bahagia menjalani hidup. Apa itu dikotomi kendali? . Dikotomi kendali adalah pembagian hal dalam hidup terbagi menjadi dua hal, yaitu: yang berada di bawah kendali diri dan di luar kendali diri. Mengutip buku Filosofi Teras, dalam realitas kehidupan yang kita jalani ini ada hal-hal yang bisa dikendalikan dan ada yang tidak. Kebahagiaan bisa hadir saat kamu bisa melepas hal-hal yang memang perlu direlakan dan bisa fokus melakukan hal-hal yang bisa diupayakan untuk menjadi lebih baik.

 

 

4. Mampu Bersikap Fleksibel

Ada rumus sederhana kebahagiaan, yaitu kebahagiaan adalah harapan dikurangi realitas. Saat kamu bisa bersikap fleksibel ketika ada realitas yang tak sesuai harapan, kamu bisa bertahan melewati masa sulit yang ada. Kebahagiaan pun bisa mengalir dengan lebih mudah saat kita bisa bersikap fleksibel ini. Tanpa harus serba mewah, kamu bisa mengupayakan hal-hal sederhana untuk meraih kebahagiaanmu sendiri.

 

 

5. Senantiasa Bersyukur

Saat kamu bisa menerima kehidupanmu dengan hati penuh syukur maka kebahagiaan akan senantiasa menyertai keseharianmu. Walau hidupmu tak semewah orang lain atau kekayaanmu tak sebanyak orang lain, kamu tak merasa gusar. Sebab kamu sudah memiliki hati yang penuh syukur. Makin banyak rasa syukur, makin melimpah kebahagiaan yang bisa kamu dapatkan.

Kamu bisa meraih dan mengupayakan kebahagiaanmu sendiri. Terima kasih sudah senantiasa melakukan semua hal yang terbaik hingga saat ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading