Sukses

Lifestyle

Indahnya Kebersamaan, Ragam Tradisi Berbuka Puasa Orang Indonesia

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan menjadi bulan yang dipenuhi kesucian dan keberkahan untuk semua umat muslim. Semua orang yang beragama islam diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa dengan tujuan untuk memperbaiki diri, meningkatkan keimanan, moral, dan rasa syukur kepada Allah SWT. Tak hanya bermanfaat untuk aspek spiritual saja, namun juga sebagai ajang mempererat tali silahturahmi terhadap sesama manusia. 

Rasa persaudaraan sesama muslim terlihat dengan jelas pada kegiatan-kegiatan kebaikan sosial, contohnya seperti berbagi takjil gratis untuk berbuka puasa kepada orang di jalanan, melakukan bakti sosial di daerah yang membutuhkan, atau sebuah tradisi saat bulan puasa di Indonesia, yaitu buka bersama, kerap disingkat menjadi ‘bukber’. 

Di Indonesia, tradisi buka bersama menjadi momentum penting dan yang paling ditunggu-tunggu saat berbuka puasa untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan memperdalam hubungan antar keluarga, teman, atau tetangga. 

Tiap-tiap orang memiliki tradisi buka bersama yang berbeda dan spesial dengan caranya sendiri, ada yang di tempat-tempat tertentu, ada yang berbuka puasa dengan makanan khas keluarga, ataupun hanya berbuka puasa bersama di rumah. Berikut ini beberapa tradisi bukber di Indonesia. 

 

Makanan khas buka puasa

Buka puasa bersama menjadi momentum menyenangkan dan sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Menyantap berbagai macam hidangan yang bervariasi, mulai dari makanan asin hingga makanan manis. Makanan yang disajikan tergantung pada daerah dan budaya masyarakat setempat. Namun, salah satu makanan ringan yang sangat khas dengan bulan Ramadan dan gak boleh ketinggalan adalah lontong dan gorengan. Dua makanan tersebut dijual di sepanjang jalanan dan telah menjadi favorit banyak orang ketika berbuka puasa. 

Berbuka puasa di Restoran

Tidak sedikit orang di Indonesia yang lebih memilih untuk berbuka puasa di restoran dibandingkan di rumah. Mereka ingin mendapatkan suasana membatalkan puasa yang baru, yang mungkin jarang dirasakan ketika di rumah, terlebih lagi jika dilakukan dengan teman ataupun keluarga tercinta. Dengan suasana keramaian kota, pilihan menu makanan yang bervariasi, hingga momen kebersamaannya yang akan terasa beda ketika di luar rumah.

 

 

Menyantap hidangan Timur Tengah

Beberapa jenis restoran menjadi pilihan utama orang Indonesia, yaitu restoran khas Timur Tengah dan All You Can Eat atau makanan prasmanan. Karena suasananya sedang bulan Ramadan, pilihan hidangan Timur Tengah menjadi pilihan berbuka puasa oleh sebagian orang. Nasi biryani menjadi salah satu makanan khas timur tengah yang menjadi favorit. Shawarma atau semacam kebab juga tak kalah enaknya disantap saat berbuka puasa. Saat ini sudah banyak restoran Timur Tengah yang buka di Indonesia, bisa menjadi pilihan tepat untuk merasakan makanan khas Arab ketika berbuka puasa bersama kerabatmu.

All you can eat di Hotel

Selain bukber di restoran Timur Tengah, all you can eat bisa menjadi opsi lain jika sedang ingin menyantap berbagai macam makanan. All you can eat sama dengan makanan prasmanan atau buffet, yang menyajikan beragam pilihan menu hanya dengan membayar satu harga saja. Sedang menjamur di Indonesia restoran dengan konsep buffet ini, salah satunya di hotel. 

Berbagai diskon ditawarkan

Accor, salah satu grup perhotelan yang populer di Indonesia memberikan penawaran menarik melalui  “Ramadan Wonderful Indonesia by ALL – Accor Live Limitless” yang berlangsung dari 22 Maret hingga 21 April 2023. Selama bulan Ramadan, para pengunjung, anggota ALL – Accor Live Limitless, serta program loyalitas gaya hidup grup dapat menikmati masakan autentik Indonesia maupun internasional di hotel dan resor di seluruh negeri, khususnya Indonesia di lebih dari 120 hotel, seperti Pullman, Swissôtel, Grand Mercure, Novotel, Mercure, ibis, dan banyak lagi.

Ragam penawaran menarik diberikan oleh Accor, seperti “buy four, get five”, diskon hingga 10% untuk pemegang kartu CIMB Niaga Platinum ALL – Accor Live Limitless dan kartu CIMB Niaga World ALL - Accor Live Limitless serta anggota Accor Plus. Tak hanya itu, anggota ALL – Accor Live Limitless akan mendapatkan keuntungan poin reward sebanyak 4x lipat jika bersantap dari hari Senin sampai Kamis. Lebih menguntungkan lagi, semua penawaran ini bisa digabung lho!

Nantinya sebanyak Rp5.000 dari setiap pesanan prasmanan akan didonasikan ke A Trust for a Child (ATFAC), salah satu program CSR utama Accor di Indonesia. Didirikan pada tahun 2001 oleh Accor Indonesia, AFTAC adalah konsep inovatif yang menggabungkan lingkungan dan pengentasan kemiskinan, dikelola oleh “Yayasan Peduli Tunas Bangsa” yang terpercaya.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading