Sukses

Lifestyle

6 Tips Mengatur Keuangan saat Setelah Lebaran agar Tetap Hemat

Fimela.com, Jakarta Lebaran merupakan momen yang membahagiakan bagi kita karena bisa berkumpul bersama keluarga, halalbihalal, pakai baju baru, makan enak, dan lain sebagainya. Ketika perayaan Idul Fitri selesai, kita akan kembali ke rutinitas yang biasa. Hal yang sangat terasa setelah lebaran adalah kondisi keuangan yang semakin menipis. Tak heran, memang saat lebaran pengeluaran kita semakin besar, mulai dari membeli baju, hidangan untuk keluarga, kebutuhan dapur, mudik, hingga membagikan THR.

Dengan pengeluaran sebanyak itu, kita harus pintar-pintar mengatur keuangan setelah lebaran. Yuk intip, cara cek kondisi keuangan pasca lebaran berikut ini.

1. Hitung Dana yang Masih Ditabung

Setelah lebaran, hal yang harus kamu lakukan adalah mengecek setiap pemasukan dan sumber dana yang masih tersimpan. Hitung dana yang masih dimiliki. Jika ada penghasilan tambahan, segera catat. Setelah menghitung dan mencatat, jangan tergoda untuk menggunakan sisa uang untuk hal-hal yang konsumtif. Dengan menghitung dana, kamu bisa menentukan rencana anggaran selanjutnya.

2. Lakukan Pemeriksaan Keuangan

Selain menghitung sisa uang, kamu juga harus melakukan pemeriksaan keuangan. Buat laporan pengeluaran selama Idul Fitri. Catat sedetail mungkin agar mudah bagimu untuk mengevaluasi. Dengan membuat laporan pengeluaran, kamu akan mengetahui pengeluaran terbesarmu digunakan untuk apa.

Selain itu, kamu juga harus memastikan apakah kamu menggunakan dana darurat selama libur lebaran. Jika iya, kamu harus memikirkan cara untuk memenuhi dana darurat itu lagi, karena dana darurat merupakan pos keuangan yang penting dan harus diisi.

3. Lunasi Semua Utang

Apakah kamu menggunakan kartu kredit, utang, atau cicilan lainnya untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran? Jika demikian, segera lunasi semua hutangmu. Utang yang dibiarkan terlalu lama bisa menjadi beban keuanganmu di bulan-bulan berikutnya.

4. Atur Ulang Anggaranmu

Mengatur ulang anggaran merupakan langkah penting yang harus kamu lakukan setelah lebaran. Setelah mengetahui sisa uang dan pengeluaran apa saja yang kamu gunakan selama libur lebaran, kini saatnya kamu membuat anggaran belanja.

Sesuaikan budget dengan sisa uangmu. Batasi pengeluaran yang tidak perlu. Buat anggaran sedetail mungkin. Setelah itu, sesuaikan dengan anggaran yang sudah kamu buat agar pengeluaran tetap terkendali.

5. Mengutamakan Kebutuhan Dasar dan Kesehatan

Saat membuat anggaran, utamakan kebutuhan dasar dan kesehatan. Kamu harus memastikan dana yang kamu miliki cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan, terutama kebutuhan pokok, seperti makanan, air, listrik, dan lain-lain.

6. Tabungan dan Dana Darurat Wajib

Selain kebutuhan pokok, kamu juga harus memikirkan pos tabungan dan dana darurat. Jika kamu menggunakan kedua dana tersebut saat libur lebaran, usahakan untuk mengisinya kembali. Kamu tidak akan langsung merasakan manfaatnya, tetapi akan sangat berguna di masa depan. Jadi, jangan sampai tabungan dan dana darurat kamu kosong, ya!

Well, setelah adanya pengeluaran yang banyak saat lebaran, tentu kamu perlu menata ulang anggaranmu. Pastikan untuk tetap berhati-hati untuk mengeluarkan uang saat lebaran. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading