Sukses

Lifestyle

6 Tanda Kamu Orang Baik Hati dan Tulus Tanpa Kamu Sadari

Fimela.com, Jakarta Apa yang membuatmu menjadi seseorang yang disukai banyak orang? Bisa jadi karena baik hati. Orang baik hati selalu lebih cantik dan menarik secara alami, bahkan tanpa melihat penampilan fisik. Tapi bagaimana cara mengetahui bahwa kamu seseorang yang baik hati dan disukai banyak orang? Jika menemukan sekian tanda ini, pertanda kamu orang baik tanpa sepengetahuanmu.

1. Kamu bersikap jujur

Kamu orang yang jujur, dan itu tanda kamu orang baik. Tindakan seperti mengembalikan dompet kepada pemiliknya ketika terjatuh, mengingatkan orang lain ketika jalanan ditutup agar mereka tak perlu putar balik sepertimu atau bahkan tak berbelit-belit saat menjawab pertanyaan, itu tanda kamu orang baik. Betsikap jujur kepada siapa saja, dalam relasi apapun, adalah kelebihan tersendiri. Kamu menyatakan secara apa adanya, berdasarkan fakta karena tak melihat keuntungan dari berbohong.

2. Kamu suka memberi

Mudah sekali mengenali orang baik, karena orang baik itu suka memberi, alias dermawan. Jika kamu murah hati, menyisihkan rezeki untuk orang yang kurang mampu, menyadari bahwa ada dorongan manusawi dalam diri ketika melihat orang butuh bantuan, bahkan menyadari bahwa setiap harta yang kamu miliki secara melimpah bisa jadi bermanfaat bagi orang lain dan bisa membuat mereka bahagia karena merasa diringankan bebannya. Kamu tidak harus jadi kaya raya untuk bisa memberi, dan memberi juga tidak selalu dalam bentuk barang.

3. Kamu menunjukkan sopan santun

Kebaikan hati akan terpancar dari sikap yang ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dari kesopanan di hadapan orang lain. Jika kamu sering dinilai penuh sopan santun oleh orang-orang di sekitarmu, pertanda bahwa kamu orang yang baik. Kamu menghomati, menjaga sikap dan batasan kepada orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan sama oleh orang lain. Bagimu, terserah orang mau bersikap baik atau buruk padamu, selama kamu baik pada mereka.

4. Kamu merawat keluargamu

Orang baik pasti peduli kepada keluarganya. Kamu sering menelpon orangtua ketika tinggal jauh dari mereka, sering pulang ke rumah ketika merantau, atau rela meninggalkan pekerjaan demi pulang merawat orangtua yang sakit dan tinggal sendirian. Mudah sekali bersikap sombong dan egois hingga lupa bahwa kamu dibesarkan oleh orangtua selama ini. Tapi kamu menghormati dan berterima kasih pada orangtua sehingga mau meluangkan waktu untuk mereka. Kamu bukan hanya punya hati tulus tapi juga berbakti.

5. Kamu tidak memikirkan diri sendiri

Kamu orang baik hati jika tidak egois. Sangat mudah menjadi egois ketika memikirkan keuntungan diri sendiri, tapi kamu tidak seperti itu. Kamu tak ingin merugikan orang lain. Menjaga ucapan dan sikap sehingga tak menyakiti orang lain, serta menunjukkan sikap penuh pengertian karena mempertimbangkan akibatnya terhadap orang lain. Kamu bahkan bersikap pemaaf, penuh toleransi dan mau berkompromi.

6. Kamu punya banyak teman

Orang baik biasanya punya banyak teman. Banyak orang ingin mendekat padamu bagai magnet karena kamu bersikap ramah, menyenangkan dan mudah diajak ngobrol. Aura penerimaan yang hangat itulah yang membuat orang lain nyaman dekat denganmu. Orang-orang juga tertarik padamu karena kamu bersikap positif dan melihat sisi baik orang lain ketimbang sisi buruk mereka.

Jika kamu menemukan semua pertanda ini pada dirimu, tidak diragukan lagi bahwa kamu orang baik tanpa kamu sadari selama ini, Sahabat Fimela. 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading