Sukses

Lifestyle

Apa Itu April Mop? Ini Pengertian dan Sejarah Hari Prank di Seluruh Dunia

Fimela.com, Jakarta Setiap tanggal 1 April biasanya banyak orang membuat prank dan lelucon untuk memperingati April Fool Day atau yang lebih dikenal dengan April Mop. Ini merupakan tradisi yang dilakukan setiap 1 April setiap tahunnya di seluruh dunia. Dan, berikut asal-usul April Mom yang perlu kita ketahui.

Asal Usul Hari April Mop

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa Hari April Mop dimulai pada tahun 1582, ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian, seperti yang diminta oleh Dewan Trent pada tahun 1563. Dalam Kalender Julian, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan titik balik musim semi sekitar 1 April.

Orang-orang yang lambat untuk mendapatkan berita atau gagal menyadari bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari dan terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April menjadi sasaran lelucon dan tipuan dan disebut “April fools.”

 

Hilaria di Roma Kuno

Sejarawan juga mengaitkan Hari April Mop dengan festival seperti Hilaria dalam bahasa Latin untuk kegembiraan, yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele. Perayaan tersebut melibatkan orang-orang yang menyamar dan mengejek sesama warga dan bahkan hakim dan dikatakan terinspirasi oleh legenda Mesir tentang Isis, Osiris dan Seth.

Vernal Equinox dan April Mop

Ada juga spekulasi bahwa April Mop dikaitkan dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi di Belahan Bumi Utara, ketika orang dibingungkan dengan perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi.

Prank April Mop

Di zaman modern, orang telah berusaha keras untuk membuat tipuan April Mop yang rumit. Surat kabar, stasiun radio dan TV serta situs web telah berpartisipasi dalam tradisi 1 April dalam melaporkan klaim fiksi yang keterlaluan yang telah melakukan prank audiens mereka.

Nah, itu tadi beberapa asal-usul April Mom dan tetap batasi becandaanmu, ya Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading