Sukses

Lifestyle

Bacaan Doa untuk Kedua Orangtua, Wujud Bakti Pada Mereka

Fimela.com, Jakarta Wajib bagi setiap anak mendoakan kedua orangtuanya. Mendoakan orangtua sebagai salah satu wujud bakti kita sebagai anak kepada mereka. Ini tak hanya mendatangkan pahala bagi kita sendiri, ini juga menyelamatkan orangtua selama di dunia maupun di akhirat nanti. 

Dalam agama Islam, memuliakan orangtua merupakan perintah yang wajib untuk ditaati. Allah akan memberkahi hidup orang yang memuliakan orangtuanya. Allah juga akan memberikan kebahagiaan penuh kepadanya. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk memuliakan orangtua. Salah satu caranya yakni mendoakan mereka.

Perintah Mendoakan Orangtua

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا 

Artinya, “Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya…” (Surat Al-Isra’ ayat 23).

Doa untuk Kedua Orangtua

Doa kedua orangtua yang dipanjatkan oleh anak sholeh akan menjadi amalan yang tidak terputus di akhirat nanti. Berikut adalah beberapa doa untuk kedua orangtua. 

1. Doa Meminta Ampunan

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا  

Bacaan: Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā. Artinya, Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

2. Doa untuk Orangtua yang Sakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Bacaan: Allahumma robbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya: Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

3. Doa untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ

Bacaan: Allahummaghfir lahum, warhamhum, wa 'afihim, wa'fu 'anhum. Allahumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafa'ata 'ala ahlil quburi min ahli la ilaha illallahu Muhammadun rasulullah.

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa'at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.

Itulah sekian doa yang bisa dibaca untuk mendoakan orangtua. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, jadilah anak yang berbakti dan selalu mendoakan orangtua. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading