Sukses

Lifestyle

5 Sikap Mandiri agar Tak Gampang Diremehkan Orang

Fimela.com, Jakarta “Attitude is a choice. Happiness is a choice. Optimism is a choice. Kindness is a choice. Giving is a choice. Respect is a choice. Whatever choice you make makes you. Choose wisely.” (Roy T. Bennett, The Light in the Heart) Hidup menyediakan banyak pilihan. Kita bisa memilih jalan hidup kita sendiri. Serta, kita bisa memilih upaya apa yang bisa kita maksimalkan untuk menjadi perempuan yang lebih baik.

Apa pun pilihan hidup yang kita ambil, orang lain akan selalu menemukan cara untuk mencari kekurangannya. Kita memang tak bsia mengontrol respons atau cara orang lain memahami. Namun, kita bisa berusaha menata sikap kita agar menjadi perempuan yang lebih kuat dan tidak gampang gentar saat direndahkan orang. Caranya bisa meningkatkan sisi kemandirian kita.

 

 

1. Berani Mengoptimalkan Kelebihan Diri

Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Kebergantungan yang berlebihan kepada orang lain untuk menjaga kiat, membuat kita merasa berharga, melindungi secara emosional, dan menyediakan motivasi serta arahan. Kebergantungan yang berlebihan akan membahayakan karena membuat kita tidak siap untuk kritik dan penolakan, sangat sensitif, dan sangat membutuhkan orang lain ketika stres." Agar tidak terlalu dependen, kamu bisa lebih berani dalam bersikap memahami kelebihanmu dan mengoptimalkannya. Sadari kekuatan dirimu, lalu jadikan itu sebagai salah satu fondasi kuat untuk menjadi perempuan yang berdaya.

 

 

2. Fokus Meningkatkan Kemampuan Diri

Tak perlu terlalu fokus pada kehidupan orang lain. Boleh saja jika belajar dari pengalaman hidup orang lain bisa menambah semangat dan motivasi hidupmu sendiri. Namun, tak perlu sampai terobsesi membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Beranilah bersikap untuk lebih fokus meningkatkan kemampuan diri agar dirimu tak gampang diremehkan orang lain.

 

 

3. Memilih Bahagia dengan Cara Ternyaman

Orang yang tak menyukaimu akan selalu mencari celah untuk menyudutkanmu. Di sini kamu perlu membekali dirimu dengan kemampuan untuk mengupayakan kebahagiaanmu sendiri. Kamu bisa memilih cara bersikap untuk lebih berani memiliki standar kebahagiaan sendiri. Dengan begini, kamu bisa lebih nyaman menjalani hidupmu.

 

 

4. Tegas Bertanggung Jawab atas Pilihan Hidup Sendiri

Menjadi dewasa tak ubahnya untuk terus belajar bertanggung jawab atas pilihan hidup sendiri. Dengan makin membaiknya caramu bersikap untuk berani bertanggung jawab atas pilihan hidup yang kamu ambil, kamu bisa memiliki mental yang lebih kuat. Kamu pun bisa menyaring omongan orang lain, antara mana yang memang memberi saran dan masukan yang membangun dan mana yang hanya ingin menjatuhkanmu.

 

 

5. Gigih Mencapai Tujuan Hidup

Buktikan kegigihanmu dalam mencapai impian dan tujuan hidupmu. Tak perlu takut dicap terlalu ambisius. Selama kamu tahu bahwa sesuatu yang sedang kamu upayakan mengandung kebaikan, maka lanjutkan saja. Orang yang memandangmu sebelah mata akan minder sendiri ketika melihat kamu memiliki kegigihan luar biasa dalam menjalani hidupmu.

Tetaplah bahagia menjalani hidupmu, ya. Serta teruslah bersemangat menjalani kehidupanmu dengan terus berproses jadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading