Sukses

Lifestyle

Catat! Ini Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Tak terasa bulan Ramadan telah sampai di 10 hari kedua. Buatmu yang juga menjalani ibadah puasa Ramadan, sudah memperbanyak ibadah apa lagi di bulan ini? 

Ramadan adalah salah satu bulan terbaik dalam agama Islam. Ini menjadi bulan penuh ampunan, terkabulnya segala doa, bulan keberkahan dan bulan di mana umat muslim dianjurkan untuk berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah. Allah menjanjikan pahala berlipat ganda bagi siapa saja yang bersungguh-sungguh beribadah dan berdoa kepadaNYA di bulan Ramadan.

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya, Allah membebaskan beberapa orang pada setiap hari dan malam (Ramadan), setiap hamba di antara mereka ada doa yang dikabulkan. (HR. Ahmad).

Kapan Waktu Mustajab untuk Berdoa

Mengutip dari laman parhlo.com, sedikitnya ada empat waktu paling mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan. Siapa saja yang berdoa di waktu ini dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan mengabulkan doa tersebut. Berikut empat waktu paling mustajab itu:

1. Waktu Berbuka

Waktu pertama adalah waktu berbuka puasa. Siapapun yang berdoa di waktu ini, memohon ampunan dan sungguh-sungguh ikhlas beribadah karena Allah, maka Allah menjanjikan segala kebaikan untuknya. Allah juga akan mengabulkan doa-doanya. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: 

"Ada tiga doa yang tidak tertolak, (1) doa pemimpin yang adil, (2) doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka, (3) doa orang yang terdzolimi.  (HR. Tirmidzi, no. 3595)

2. Sepertiga Malam Terakhir

Waktu paling mustajab selanjutnya yakni di sepertiga malam terakhir. Orang-orang yang menghidupkan malam Ramadan, dan memperbanyak amal ibadah di sepertiga malam terakhir, akan dikabulkan segala doanya. Ia juga akan mendapat pahala berlipat ganda, ketenangan serta kebahagiaan. 

Dalam sebuah hadist dijelaskan, Rasululullah SAW bersabda: 

“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir di setiap malamnya. Kemudian berfirman: 'Siapa saja yang berdoa kepada-Ku akan Kukabulkan, siapa saja yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberi, siapa saja yang memohon ampunan dari-Ku akan Kuampuni'." (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Malam Lailatul Qadar

Doa seorang muslim juga tak akan tertolak di malam Lailatul Qadar. Malam ini adalah malam penuh kemuliaan dan keberkahan. Malam Lailatul Qadar, adalah malam seribu malam dengan segala kebaikannya. Beruntunglah orang-orang yang bisa menjumpai malam ini. Selain doa-doanya dikabulkan, pahalanya juga akan dilipat gandakan. 

Dalam sebuah hadis dijelaskan:

"Barang siapa yang pada malam lailatul qadar mengerjakan ibadah dan berdoa dengan penuh keimanan yang dipersembahkan semata-mata untuk Allah, akan diampuni dari segala dosanya yang terdahulu dan yang akan datang." (HR Ahmad dan Thabrani).

4. Selama Berpuasa

Saat seorang muslim menjalankan ibadah puasa, terhitung mulai dari adzan subuh hingga adzan Maghrib, ini adalah waktu mustajab untuknya berdoa. Allah akan mengabulkan doa seseorang yang sungguh-sungguh dalam berpuasa karena Allah semata. 

Itulah sekian waktu paling mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga kita senantiasa menjadi orang-orang yang doa-doanya didengar oleh Allah SWT.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading