Sukses

Lifestyle

4 Tips Mempraktikkan Kejujuran yang Dimulai dari Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Orang sering membuat kesalahan dengan mengharapkan orang lain untuk memahami mereka tanpa mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Hal ini dapat dimengerti karena jujur ​​tentang perasaan kita bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kita cenderung menghindari mengatakan yang sebenarnya dan, sebagai akibatnya, kita mulai mengalami kesulitan dalam mengekspresikan emosi dan niat kita.

Kesulitan dalam berkomunikasi dapat menyebabkan lebih banyak masalah dalam hubungan. Ketika kita berharap untuk dipahami tanpa secara tegas mengatakan apa yang ada dalam pikiran kita, kita menjadi kecewa. Karena kita gagal mengatakan sesuatu, kita akan menghindari masalah tersebut. Kita bisa menjadi jauh, berpura-pura tidak ada yang salah ketika ada sesuatu yang serius. Ketika hal-hal seperti ini menumpuk, kita akan membuat frustrasi, dan ketika itu terjadi, kita akan menjadi terlalu emosional untuk menjelaskan semuanya.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk mempraktikkan kejujuran dalam hidup. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jujur pada Diri Sendiri

Bahkan sebelum mencoba untuk lebih jujur ​​kepada orang lain, kita harus berlatih jujur ​​pada diri sendiri terlebih dahulu. Memang benar ketika orang mengatakan bahwa tidak ada yang mengenalmu lebih baik daripada dirimu sendiri. Jadi, mundur selangkah dan periksa emosi dan niatmu. Apa yang sebenarnya kamu rasakan? Apa yang kamu inginkan dari sebuah percakapan? Apakah ada sesuatu yang kamu ingin orang lain ketahui?

Pertanyaan-pertanyaan ini bagus untuk memahami mengapa kita merasakan apa yang kita rasakan. Sangat penting untuk bertanya pada diri sendiri ini untuk merenungkan apa yang terjadi dalam hidup kita. Dengan jujur ​​pada diri sendiri, kita akan tahu apa yang harus dikatakan, dan apa yang harus diperhatikan.

2. Cari Tahu Alasan Kamu Ingin Berbohong

Ketika kita berbohong kepada orang lain, itu bukan karena niat kita untuk mengkhianati atau menyakiti mereka. Lebih sering daripada tidak, itu karena kita pikir itu cara terbaik untuk menghindari masalah dan pertengkaran. Hal yang rumit tentang ini adalah bahwa kebohongan cenderung menyebabkan kebohongan lain. Kebohongan putih akan berubah menjadi kebohongan yang lebih besar, dan kamu tidak benar-benar ingin itu terjadi. Hal yang sama dapat dikatakan tentang menyembunyikan kebenaran atau berbohong dengan kelalaian.

3. Jadilah Diri Sendiri

Sekarang setelah kamu memahami niat dan kebenaran di balik kebohonganmu, kamu harus mulai mengakui siapa dirimu sebenarnya. Ini mungkin pil pahit yang harus ditelan, tetapi kamu harus mengakui bahwa dalam proses menciptakan kebohongan, kamu juga telah mengembangkan perilaku yang menyenangkan orang. Sebagian besar waktu, ini dengan mengorbankan pengungkapan kepribadian aslimu.

4. Bersikap Bijaksana

Lebih sering daripada tidak, kita menyakiti orang lain dengan kebenaran karena kita mengatakannya dengan cara yang salah. Inilah mengapa kebijaksanaan itu penting, inilah mengapa kita perlu memikirkan kata-kata kita. Tanyakan pada diri sendiri apakah kata-kata yang kita pilih sensitif untuk orang lain. Kamu selalu bisa benar tentang apa yang kamu katakan, tetapi bisa salah dalam caramu mengatakannya. Jadi, pikirkan dua kali, bahkan mungkin tiga kali sebelum kamu memberi tahu orang itu kebenaran yang berisiko.

Kejujuran memiliki konsekuensinya, tetapi selalu lebih baik berbuat salah di sisi kebaikan. Belajar berkomunikasi dengan jujur ​​dimulai dengan menghapus anggapan bahwa kita hanya akan menyakiti orang dengan kebenaran. Setelah kamu mengembangkan sikap ini, kita akan dapat berkomunikasi secara langsung dan bertindak jujur ​​dalam kehidupan kita sehari-hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading