Sukses

Lifestyle

5 Sikap untuk Membuatmu Tenang setelah Dikecewakan Seseorang

Fimela.com, Jakarta Dikecewakan seseorang bisa membuat hati sangat sedih dan terluka. Bahkan ada rasa marah yang tertahan, dan ini bisa sangat menyiksa batin sendiri. Walau mungkin awalnya tidak mudah, tetapi ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membantumu kembali tenang.

Lima cara ini bisa dicoba untuk bantu sembuhkan luka di hati karena rasa kecewa. Bagi kamu yang sedang berusaha untuk menguatkan diri dan tenangkan hati kembali, ini bisa menjadi strategi sederhana untuk dicoba.

 

 

1. Terima Kehadiran Perasaanmu

Mengutip buku Love for Imperfect Things, "Tidak seperti emosi lainnya, kekecewaan lebih sulit untuk diungkapkan. Jika rasa kecewa dikeluarkan, perasaan itu akan terkesan remeh dan kekanak-kanakan, tapi jika kita terus memendamnya, perasaan itu akan semakin parah." Merasa kecewa bisa membuat batin kita seakan tersiksa sendiri. Sulit untuk bisa meredakannya sendiri, tapi meminta pertanggungjawaban orang yang sudah mengecewakan kita juga susah. Maka dari itu, cobalah untuk menerima kehadiran perasaan yang ada lebih dulu.

 

 

2. Sadari Kehadiran Napasmu

Sadari lagi kehadiran napasmu. Alihkan fokusmu lebih kuat pada setiap tarikan dan embusan napasmu. Tarik napas perlahan-lahan dengan menutup satu lubang hidung dan membuang napas sambil menutup lubang hidung yang lain. Lakukan latihan pernapasan ini beberapa kali sampai merasa lebih tenang dan fokus. Perasaan kecewa butuh waktu tersendiri untuk bisa terurai, dan dengan melatih pernapasan kamu akan lebih mudah tenangkan dirimu kembali.

 

 

3. Lebih Berani Meningkatkan Afirmasi Positif

Saat hati gelisah dan cemas, kita perlu memperbanyak afirmasi positif untuk bisa menetralkan pikiran dan menghadirkan rasa tenang. Bayangkan dan tekankan ucapan-ucapan baik dan positif untuk dirimu sendiri. Hati akan lebih tenang saat ada afirmasi positif yang dikuatkan di dalam diri.

 

 

4. Meningkatkan Belas Kasih

Orang yang telah mengecewakanmu memang sudah membuatmu terluka. Dia pun telah menjadi pribadi yang tak sama lagi di dalam hidup dan benakmu. Cobalah untuk memaafkannya, atau kalau masih sulit cobalah untuk meningkatkan belas kasih. Hadirkan belas kasih demi ketenangan dan kedamaian batinmu.

 

 

5. Membuat Jarak Aman

Menjaga jarak dengan orang yang telah mengecewakan kita juga bisa dilakukan bila itu bisa bantu menghadirkan ketenangan dalam diri. Kalau kamu merasa masih sulit untuk bisa menjalin hubungan baik seperti sebelumnya, kamu bisa coba untuk membuat jarak aman yang baru. Jika memang belum siap untuk menjalin komunikasi yang sedekat sebelumnya, tak apa. Membuat jarak aman ini bisa bantu hadirkan kenyamanan dan ketenangan sendiri.

Semoga hatimu yang terluka bisa segera sembuh dan pulih, ya. Serta, semoga masih ada kesempatan untuk memperbaiki keadaan dan hubungan yang ada.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading