Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Rentan Bikin Kamu Terlilit Utang, Yuk Lebih Waspada!

Fimela.com, Jakarta Terlilit utang bukanlah hal yang menyenangkan. Ini justru akan menjadi bumerang untukmu. Apalagi, jika berutang telah menjadi kebiasaan bagimu. Pelan tapi pasti, berutang secara terus menerus akan membuatmu mengalami kebangkrutan yang mengerikan. Ini bisa membuatmu kehilangan segalanya dalam waktu sekejab. 

Utang yang menggunung dan tak kunjung dibayar, akan membuat siapapun rentan stres. Tidak sedikit kasus di mana orang yang terlilit utang, nekat berbuat buruk ke dirinya sendiri pun orang terdekatnya. Ada beberapa hal yang rentan bikin seseorang terlilit utang. Yuk, lebih waspadai lagi hal ini dan cobalah makin bijak dalam hal utang piutang

Gaya Hidup Berlebihan

Salah satu hal paling sering bikin seseorang terlilit utang adalah gaya hidup. Mereka yang memiliki gaya hidup berlebihan tapi tidak diimbangi dengan pendapatan lebih, ini rentan membuatnya terlilit utang. Gaya hidup yang berlebihan juga rentan bikin seseorang terus menerus melakukan pengeluaran tanpa mengkaji ulang penghasilannya.

Tidak Punya Anggaran Keuangan

Memiliki anggaran keuangan adalah hal yang penting dalam perencanaan keuangan. Tanpa anggaran yang tepat, ini bisa membuatmu kurang bijak dalam mengelola keuangan. Tanpa anggaran keuangan yang tepat, ini berisiko membuatmu melakukan pengeluaran berlebih atau tak terkontrol.

Gali Lubang Tutup Lubang

Ini adalah istilah bagi mereka yang sering berutang. Gali lubang tutup lubang adalah, saat kamu berutang dan mencari utangan kembali untuk menutup utang terdahulu. Bukannya utang terdahulu lunas, ini berisiko membuatmu memiliki hutang lain yang lebih menumpuk. Terlebih jika dalam berutang itu, kamu juga harus membayar bunga yang besar.

Tidak Bisa Menolak

Jika kamu adalah tipe pribadi yang tak bisa menolak kemauan orang lain, ini akan membuatmu rentan terlilit utang. Terkadang, pengaruh sosial sangat besar dampaknya bagi kita. Cobalah untuk lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan dan memilih teman.

Tidak Punya Dana Darurat

Inilah pentingnya memiliki dana darurat. Untuk memilikinya, kamu harus berusaha menabung meski tak banyak setiap hari, minggu atau bulannya. Ada beberapa pengeluaran tak terduga yang mengharuskanmu memakai dana darurat. Jika kamu tak memilikinya, ini rentan membuatmu kehabisan dana dan akhirnya berani berutang. 

Itulah sekian hal yang sering kali menyebabkan seseorang terlilit utang. Yuk, lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan. Lebih waspada untuk membelanjakan uang yang kamu punya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading