Sukses

Lifestyle

Amalan Sunah Sebaiknya Dilakukan Sebelum dan Setelah Salat Idul Fitri

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri atau lebaran sudah di depan mata. Hari ini menjadi hari yang sangat istimewa bagi setiap umat muslim di manapun mereka berada. Dengan datangnya Hari Raya Idul Fitri, maka umat muslim dianjurkan untuk mendirikan salat Idul Fitri. Umat muslim akan berbondong-bondong menunju masjid, lapangan atau mushala keluarga untuk melaksanakan salat sunah Idul Fitri. 

Sebelum mendirikan salat Idul Fitri, ada beberapa sunah yang sebaiknya dilakukan. Setelah salat pun ada beberapa sunah yang sangat dianjurkan. Melaksanakan beragam sunah ini, akan menambah pahala dan keberkahan setelah sebulan penuh berpuasa Ramadan. Adapun sunah yang sebaiknya dilakukan sebelum dan sesudah salat Idul Fitri antara lain sebagai berikut:

Sunah Sebelum Melaksanakan Salat Idul Fitri

Ada beberapa sunah yang penting dilakukan. Sunah ini sesuai dengan apa yang diajarkan dan biasa dilakukan Rasulullag SAW sebelum mendirikan salat idul Fitri. 

Mandi dan Memotong Kuku

Sunah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mandi dan memotong kuku. Dalam sebuah hadis dijelaskan, “Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Majah).

Memakai Pakaian Terbaik

Sunah selanjutnya adalah memakai pakaian terbaik. Sebelum melaksanakan salat Idul Fitri, umat muslim dianjurkan memakai pakaian terbaik mereka. Umat muslim juga dianjurkan memakai pakaian yang bersih dan memakai wangi-wangian. 

Dijelaskan dalam sebuah hadis:

"Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya." (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak).

Makan Sebelum Salat

Nabi Muhammad SAW menyempatkan diri untuk maka sebelum salat Idul Fitri. Disunahkan agar umat muslim juga menyempatkan makan sebelum menuju masjid, mushola, lapangan atau tempat salat. Jika tidak makan, cukup dengan meneguk air minum. 

Mengumandangkan Takbir

Umat muslim juga dianjurkan untuk mengumandangkan takbir hingga menjelang salat Idul Fitri. Takbir ini bahkan dianjurkan untuk dikumandangkan sejak ba’da maghrib setelah berbuka puasa di hari terakhir Ramadan.

Sunah Setelah Melaksanakan Salat Idul Fitri

Selain sunah sebelum salat, umat muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan sunah setelah salat Idul Fitri. Adapun sunah tersebut adalah:

Melewati Jalan Berbeda Saat Pulang dan Pergi dari Masjid

Usahakan untuk melewati jalan berbeda saat pulang dan pergi dari masjid untuk salat Idul Fitri. Dalam sebuah hadis dijelaskan:

"Nabi SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulangnya)." (HR. Bukhari).

Saling Mengucapkan Selamat

Setelah salat Idul Fitri, hendaknya umat muslim saling mengucapkan selamat satu sama lain. Ucapan ini juga sekaligus sebagai cara untuk menjalin silaturakhim antar umat muslim. Selain ucapan, umat muslim juga disarankan untuk saling bermaafan. 

Itulah sekian sunah yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim sebelum dan sesudah salat Idul Fitri. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading