Sukses

Lifestyle

Ramadan Ternyata Jadi Waktu Terbaik Belanja Online, Geliat Transaksi Online Jelang Lebaran 2023

Fimela.com, Jakarta Ramadan menjadi satu momen yang selalu dinanti, tidak hanya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, tapi ternyata masyarakat Indonesia juga lebih antusias dalam belanja online. Memenuhi berbagai kebutuhan Ramadan hingga Lebaran, 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk melakukan pembelanjaan.

Menurut laporan dari Tokopedia, sekitar 80% konsumen digital juga mempertahankan dan meningkatkan penggunaan layanan digital di tahun 2023 ini. Data internal Tokopedia sendiri menunjukkan peningkatan di sejumlah kategori.

Fashion, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, dan Makanan dan Minuman menjadi kategori paling laris di 2 minggu pertama puasa, dibandingkan dwimingguan biasanya. Artinya, produk-produk tersebut yang paling dibutuhkan masyarakat belakangan ini.

Geliat transaksi online di Tokopedia jelang Lebaran 2023

Di kategori produk fashion, scarf wanita, baju koko pria, dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat dan lebih dari 7x lipat di 2 minggu pertama Ramadan. Menurut Nuraini Razak, Direktur Corporate Affairs Tokopedia, aktivitas khas Ramadan, seperti bukber, cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan mereka.

Di kategori produk perawatan diri, Tokopedia mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, dan perlengkapan mandi menjadi produk paling banyak dicari masyarakat, di 2 minggu pertama Ramadan. Selain itu, persiapan mudik juga terlihat dari peningkatan penjualan untuk produk spare part mobil, produk perawatan mobil, dan produk interior mobil di kategori produk otomotif.

Interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil, dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat. Berbeda lagi di kategori produk rumah tangga, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga, penyimpanan makanan, dan peralatan baking mengalami peningkatan signifikan di 2 minggu pertama Ramadan.

Tokopedia juga mencatat produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi produk paling laris dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari 2x lipat. Buah kurma sendiri bahkan meningkat penjualannya lebih dari 3x lipat.

 

 

Pendekatan Tokopedia untuk membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas

Tokopedia juga menciptakan berbagai inisiatif, salah satunya melalui pendekatan Hyperlocal. Contohnya Kumpulan Toko Pilihan atau KTP, yang adalah sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

Beberapa wilayah dengan kampanye KTP, seperti Bandung, Surabaya, dan Denpasar mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada 2 minggu pertama Ramadan 2023. Tokopedia NYAM!, yang bisa membantu masyarakat mendapatkan makanan dan minuman dari penjual terdekat.

Untuk pelaku usaha yang ingin menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, Tokopedia menghadirkan Dilayani Tokopedia. Layanan ini memenuhi pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Berbagai penawaran menarik dari Tokopedia selama Ramadan 2023

 

Selama Ramadan tahun ini, Tokopedia menggelar #LengkapiRamadan hingga 30 April 2023. Kampanye ini berisi kampanye seperti Bazar Brand Pilihan, Cantik Fest, Serbu Official Store, dan Waktu Indonesia Belanja.

Lewat kampanye #LengkapiRamadan, masyarakat bisa menemukan berbagai produk kebutuhan Ramadan dengan diskon hingga 90%, live shopping mulai dari Rp2.000, hingga belanja minimum Rp20.000 bisa bebas ongkir. Masyarakat juga bisa mendapatkan promo hemat hingga Rp750.000 dan cicilan 0% dengan pembayaran menggunakan GoPayLater Cicil.

Khusus di tanggal 14 April 2023, Tokopedia juga menghadirkan promo Ramadan Ekstra untuk berbagai produk kebutuhan Ramadan dengan bebas ongkir, diskon hingga 90%, serta cashback sampai Rp1 juta. Jangan sampai ketinggalan ya, Sahabat FIMELA!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading