Sukses

Lifestyle

10 Destinasi Wisata Berlibur Termurah di Dunia dari 10 Negara

Fimela.com, Jakarta Masih belum menemukan destinasi libur Lebaran? Agoda merilis dan menganalisis tarif kamar rata-rata destinasi wisata pada bulan April 2023 untuk memberikan penawaran terbaik dan harga paling kompetitif. 

Agoda juga memiliki beberapa rekomendasi destinasi wisata termurah di dunia yang terdiri dari 10 negara. Indonesia menjadi salah satunya, dengan kota Surakarta yang menjadi destinasi wisata yang paling terjangkau dengan harga rata-rata Rp555.000.

Sedangkan untuk 9 negara lainnya yang termasuk dalam destinasi wisata termurah yaitu; Khon Kaen di Thailand, Sibu di Malaysia, Puri di India, Bacolod di Filipina, Ninh Binh di Vietnam, Chiba di Jepang, Gwangju di Korea Selatan, Kepulauan Kinmen di Taiwan, dan Brisbane di Australia. 

"Saat 2023 sudah berjalan dan hari libur nasional akan tiba di berbagai wilayah, banyak yang merasa mereka layak beristirahat sejenak. Tetapi pada saat yang sama, dengan meningkatnya biaya kebutuhan hidup di berbagai belahan dunia, kita semua berusaha bijak dalam membelanjakan uang hasil jerih payah kita. Saya berharap temuan Agoda ini akan membantu wisatawan menemukan beberapa destinasi menarik yang sekaligus bisa menghemat pengeluaran," kata Gede Gunawan, Country Director Indonesia Agoda.  

 

10 Destinasi Termurah di Beberapa Negara

Khon Kaen, Thailand

Menduduki posisi pertama, Khon Kaen di Thailand ini memiliki tarif kamar rata-rata Rp450.000. Kota universitas ini merupakan rumah bagi banyak kedai kopi trendy, danau-danau kota yang kerap menjadi tuan rumah festival sepanjang tahun. Selain itu, terdapat Ton Tann Night Market yang menyediakan banyak kedai makanan dengan live musik. 

Sibu, Malaysia

Sibu yang memiliki tarif kamar rata-rata Rp510.000 menjadikannya berada di posisi kedua. Sibu sendiri terletak di Negara bagian Sarwak, Kalimantan yang pesonanya sering diabaikan dengan food scene hidup, warisan sejarah dan budaya yang kaya, serta keajaiban alam yang menakjubkan. Sibu memiliki banyak taman, cagar alam, dan jalan setapak. Selain itu, makan di Sibu juga sangat banyak, kamu dapat mencoba Mee Sua yang sangat terkenal di Sarawak untuk mendapatkan pengalaman baru.

Surakarta (Solo), Indonesia

Berada di posisi ketiga, Surakarta memiliki tarif kamar rata-rata Rp550.000. Surakarta yang dikenal sebagai Solo telah menjadi pusat kekuasaan di Jawa Tengah secara historis. Kota ini juga pusat budaya seperti tari Solo, wayang, hingga batik buatan tangan yang selalu membanggakan tradisi artistik keanggunan dan penyempurnaannya. Kamu dapat mendapatkan pengalaman naik becak untuk menuju kota tua. Selain itu, untuk menambah pengalaman kamu dapat mengunjungi Solo pada 29 April yang memperingati hari tari sedunia dan 22-23 Juli Festival Keroncong Solo.

Puri, India

Dikenal sebagai salah satu empat tempat ziarah suci India yang disebut “Char Dhams” dan sebagai salah satu kota tertua di India, Puri memiliki tarif kamar rata-rata Rp570.000. Kota ini juga menjadi wakil sejarah India melalui seni dan budaya yang digambarkan dalam desain rumit karakter mitologis dan cerita tentang kerajinan tangan.

Bacolod, Filipina

Menduduki posisi kelima, Bacolod memiliki tarif kamar rata-rata Rp700.000. Ketika berkunjung ke destinasi ini kamu akan mendapatkan pengalaman kuliner yang berkesan. Salah satunya Sharyn’s Cansi House yang menyediakan cansi, masakan comfort food tradisional di wilayah Negros. Cansi sendiri merupakan sup yang terbuat dari betis sapi dan sumsum tulang dan diatasnya diberikan bahan asam. Selain itu, kamu juga dapat mencoba membuat piaya di bengkel Bong bongs. Piaya merupakan roti pipih yang diisi dengan muscovado dan sirup glukosa lokal.

 

 

Ninh Binh, Vietnam

Memiliki tarif kamar rata-rata yang sama dengan Bacolod yaitu Rp700.000. Ninh Binh terletak satu jam dari Hanoi dengan memiliki puncak yang menjulang tinggi, saluran air yang tenang, kuil raksasa, dan pagoda bertingkat yang dapat menarik para pengunjung. Pernah menjadi latar untuk salah satu film, menjadikan Ninh Binh semakin diminati karena pengunjung dapat menjelajahi 500 anak tangga dan melalui sungai-sungai yang indah menuju Gua Mua.

Chiba, Jepang

Kota Chiba yang merupakan ibu kota prefektur dan pusat hiburan yang ramai dengan atraksi ini memiliki tarif kamar rata-rata Rp1.035.000. Kota ini menawarkan banyak tempat wisata seperti Tokyo Disneyland, Disney Sea, dan Semenanjung Boso yang dapat ditempuh dengan menaiki kereta cepat dari Tokyo. Selain itu, Chiba memiliki Narita-san Shinshouji yang merupakan tempat bersejarah dengan kompleks kuil Buddha yang sudah ada sejak abad ke-10. 

Gwangju, Korea Selatan

Berada di posisi ke-8, destinasi wisata ini memiliki tarif kamar rata-rata Rp1.350.000. Gwangju yang terkenal sebagai kota budaya dan seni akan menawarkan pemadangan budaya dan artistik sepanjang tahun. Saat ini juga, Gwangju telah mengadakan The 14th Gwangju Biennale, festival seni terbesar dan tertua di Asia hingga 9 Juli. 

Kinmen Islands, Taiwan 

Memiliki Tarif kamar rata-rata Rp1.400.00, destinasi ini berupa pulau yang penuh dengan monumen bersejarah dan militer. Kamu juga dapat menikmati fenomena Blue Tears dari Kinmen. Terkenal dengan Rock Oysternya, kini Kinmen telah mengadakan Rock Oyster and Wheat Cultural Festival yang berlangsung sampai 21 Mei. 

Brisbane, Australia 

Memiliki tarif kamar rata-rata tertinggi yaitu Rp1.900.000. Brisbane menyediakan banyak tempat ideal untuk menikmati aktivitas di luar ruangan seperti kebun raya yang inda, suaka margasatwa, dan lainnya. Selain itu, untuk menuju Brisbane kamu dapat berkendara singkat dari beberapa pantai di Queensland. Kini Brisbane tidak hanya menjadi wisata paling terjangkau, tetapi juga paling memikat. 

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading