Sukses

Lifestyle

5 Perubahan Sederhana agar Hati Makin Bahagia saat Single

Fimela.com, Jakarta “Hope for love, pray for love, wish for love, dream for love… but don’t put your life on hold waiting for love.” (Mandy Hale, The Single Woman: Life, Love, and a Dash of Sass) Belum punya pasangan, belum menikah, atau belum tampak dekat dengan seseorang di usia yang sudah dianggap matang bisa membuat seorang perempuan merasa tertekan. Kamu pun mungkin juga pernah berada di situasi yang membuatmu sedih saat single. Bukan karena kamu tak menikmati masa kesendirianmu, tetapi karena cibiran atau omongan negatif orang lain.

Namun, ini hidupmu dan kamu tak harus menyenangkan hati semua orang. Kamu bisa tetap bahagia bahkan makin bahagia dengan statusmu yang single saat ini. Tak harus menunggu memiliki pasangan untuk bahagia. Sedikit perubahan baik dalam hidup sudah bisa menghadirkan kebahagiaan tersendiri dalam hidupmu.

 

 

1. Lebih Rutin Menulis Jurnal atau Buku Harian

Ada kutipan menarik dari film dokumenter Stutz tentang menulis: "Menulis bisa mengembangkan hubungan kita dengan diri sendiri. Jika kita mulai menulis, menulis itu seperti cermin. Itu merefleksikan apa yang ada di alam bawah sadar kita, dan menulis dalam bentuk diari bisa mengeluarkan hal yang tak kita ketahui sebelumnya." Saat single, kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan dirimu sendiri. Kamu bisa bahagia dengan lebih mencintai diri sendiri, dan ini bisa dimulai dengan lebih rutin menulis buku harian atau jurnal.

 

 

2. Lebih Disiplin Berolahraga

Mengutip buku Emotional Intelligence, "Olahraga tampaknya bermanfaat karena dapat mengubah kondisi fisiologis yang ditimbulkan oleh suasana hati: depresi adalah kondisi fisiologis tingkat rendah, dan aerobik mendorong tubuh ke kondisi tingkat tinggi." Kalau selama ini kamu masih sering murung dalam menjalani keseharian, cobalah untuk lebih disiplin olahraga. Dengan lebih fokus merawat diri jadi lebih sehat dan bugar, maka tak ada lagi waktu yang terbuang untuk meratapi kesendirian.

 

 

3. Lebih Sering Melakukan Hal yang Disukai

Kamu bisa melakukan kegiatan yang kamu cintai dan membuat sesuatu yang akan bertahan lebih lama dari usia kita. Ini merupakan salah satu cara untuk memenuhi makna hidup seperti yang dipaparkan oleh Viktor E. Frankl, pencetus Logoterapi dalam buku Yes to Life. Kamu bisa membuat hidupmu terasa bermakna saat single, dan ketika makna ini terpenuhi maka kebahagiaan bisa datang dengan sendirinya.

 

 

4. Lebih Berani Mencoba Hal Baru

Kalau sebelumnya kamu merasa tertekan atau terkekang dengan semua standar dan tuntutan sosial, kini coba lebih bebaskan dirimu. Cobalah untuk lebih berani mencoba hal baru dalam hidup. Waktu dan kesempatan yang kamu miliki saat ini bisa kamu manfaatkan untuk memperkaya pengalamanmu.

 

 

5. Lebih Menghargai Perjalanan Hidup Sendiri

Kalau sebelumnya kamu masih sering meratapi kisah cintamu yang masih gagal, kini cobalah untuk menghargai semua kisah yang hadir tersebut. Kalau sebelumnya kamu sering menganggap dirimu paling merana, kini coba hadirkan lebih banyak rasa syukur di hati. Saat masih single, kamu masih bisa bahagia dengan menghargai dan menerima perjalanan hidupmu sendiri. Yakin saja semua hal yang terjadi dalam hidupmu adalah memang yang terbaik untukmu.

Ketika kamu sudah bisa bahagia saat masih single, maka ketika tiba saatnya kamu memiliki pasangan atau memilih untuk akhirnya menikah maka kamu bisa lebih mudah mengupayakan kebahagiaan-kebahagiaan baru.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading