Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Bisa Menghargai dan Mencintai Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Perempuan memiliki kemampuan yang luar biasa dalam segala hal, termasuk menghargai diri sendiri. Tapi terkadang perempuan bisa menghadapi berbagai cobaan hidup atau permasalahan yang rumit sehingga membuatnya kurang bisa menghargai diri sendiri. Seperti apa kira-kira orang yang bisa menghargai diri sendiri? Jika kamu memiliki sekian tanda ini, kemungkinan besar kamu termasuk orang yang bisa menghargai dirimu sendiri.

1. Menunjukkan kebaikan dan kasih sayang

Orang-orang yang bisa menghargai dan mencintai dirinya sendiri akan menumpuhkan energi atau aura positif dari dalam dirinya, dan itu akan ditularkan ke orang lain. Karena kamu merasa bahagia, kamu bisa membuat orang lain ikut bahagia. Sebaliknya, orang yang terluka atau busuk dari dalam hanya akan menyakiti orang lain. Jadi jangan heran jika banyak orang berkomentar buruk tentang kehidupan orang lain, kemungkinan besar hidupnya sendirilah yang tak baik-baik saja. Itulah mengapa, kemampuan kita dalam mencintai diri sendiri seringkali terpancar dari kasih sayang dan kebaikan sikap kita kepada orang lain.

2. Menerima diri sendiri walau tak sempurna

Kamu tidak butuh validasi dari orang lain, kamu mencintai diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihanmu. Kamu tidak menjatuhkan atau merendahkan diri sendiri karena ragu dengan kemampuanmu. Tuhan memang menciptakan makhluknya tidak pernah sama, jadi mengapa ingin sama seperti orang lain? Terkadang kita bisa mengkritik diri sendiri secara berlebihan sehingga muncul pemikiran negatif dan pesimis, tapi perempuan yang mampu menghargai dirinya akan fokus pada proses dan pengalaman hidup.

3. Tak membiarkan komentar orang lain menghambat hidupmu

Kamu tahu apa yang penting bagimu, seberapa baik kemampuanmu, dan apa yang membuatmu bahagia. Kamu tak membiarkan komentar orang lain menentukan seperti apa kamu menjalani hidup. Kamu bisa saja memilah komentar mereka, mana yang termasuk saran dan mana yang hanya menjatuhkan. Tapi pada dasarnya 'Kamu tidak bisa menyenangkan semua orang sepanjang waktu'. Jadi daripada disetir dengan omongan orang, kamu menutup telinga dan lebih mendengarkan kata hati.

4. Tak ragu keluar dari situasi toxic saat dibutuhkan

Siapa pun orang yang bisa menghargai diri sendiri pasti mampu menilai positif atau negatifnya sebuah hubungan. Kamu memiliki nilai, prinsip dan filosofimu sendiri terhadap kehidupan, dan jika kamu merasa itu bersebrangan dan tidak cocok dengan orang yang ada di sekitarmu, kamu tahu apa yang harus dilakukan, tidak tenggelam dalam hubungan beracun tersebut terlalu lama. Orang yang menghargai dirinya akan lebih mementingkan logika dan kesehatan mentalnya ketimbang mengedepankan rasa sungkannya.

5. Bersikap penuh percaya diri

Salah satu pertanda paling jelas jika seseorang mampu menghargai dirinya sendiri adalah ketika ia menunjukkan kepercayaan diri yang kuat. Kamu tak merasa harus minder dengan warna kulitmu, ras atau sukumu, berat badanmu atau status sosialmu. Kamu berusaha menunjukkan kemampuan terbaik dalam setiap hal yang kamu kerjakan, selama kamu yakin itu tak menggangu dan merugikan orang lain, maka kamu tak membiarkan orang lain meremehkanmu.

Kira-kira sudahkah kamu memiliki sekian pertanda ini? Kemungkinan besar kamu salah satu orang yang bisa menghargai diri sendiri, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading