Sukses

Lifestyle

6 Cara Baik pada Diri Sendiri Meskipun Kamu Tak Sempurna

Fimela.com, Jakarta Banyak orang-orang bijak berkata, "sebelum baik kepada orang lain, pastikan baik dulu kepada diri sendiri". Saran ini tak ada salahnya, karena jika dipikir secara logika, bagaimana kita bisa ikhlas berbuat baik jika belum bisa baik kepada diri sendiri? Bahkan jika kamu tahu dirimu tak sempurna, jangan pernah merasa tak pantas berlaku baik pada diri sendiri. Ini sekian cara bersikap baik pada diri sendiri meskipun tak sempurna.

1. Berhenti dan istirahatlah

Jika ingin bersikap baik pada diri sendiri, mulai dengan tidak selalu menuntut dan mengkritisi diri sendiri secara berlebihan. Tidak dapat disangkal bahwa melakukan kesalahan bisa menciptakan stres dan beban pikiran. Lepaskan pikiran itu, berhenti dulu berjalan dan istirahatlah. Bukan hanya fisik yang butuh istirahat, tapi otak dan mental juga. Memberi jeda waktu berhenti dan istirahat adalah cara sederhana untuk menghargai diri sendiri.

2. Lihat seberapa jauh kamu melangkah selama ini

Seberapa jauh kamu berkembang tidak selalu bisa diukur dari naik pangkat atau jabatan. Jika dievalusasi selama setahun belakangan ini atau sejak kamu mulai mandiri dan bekerja misalnya, seberapa banyak perkembanganmu? Apa saja yang sudah mampu terbeli oleh hasil jerih payahmu? Sudah jalan-jalan ke mana saja kamu dengan uang gajimu sendiri? Atau sudah memberi berapa banyak kepada orang-orang tersayang dan orang-orang yang membutuhkan? Dari situ saja kamu sudah bisa mencatat lebih dari satu lembar halaman HVS bukan?

3. Melihat kesalahan sebagai pelajaran berharga

Jadikan kesalahan atau kegagalan sebagai pelajaran untuk memperbaiki diri dan menjadi lebih baik. Semua itu adalah kesempatan belajar yang bisa kamu petik dari kehidupan. Berhenti menyalahkan diri sendiri, merendahkan atau bahkan menghina diri sendiri karena tak becus melakukan sesuatu, apalagi bertanya "apakah kamu pantas bahagia karena tidak melakukan bla-bla-bla". Jawabannya satu: kamu pantas bahagia, apa pun kondisimu.

4. Mencatat setiap pencapaian dan keberhasilan

Sudah selayaknya kamu menghargai pencapaian dan keberhasilanmu. Bukan berarti kamu sombong, kepedean atau ingin pamer dengan apa yang sudah kamu capai, tapi mencatat dan merayakan setiap pencapaian atau keberhasilan adalah cara untuk menghargai diri sendiri. Setiap kali kamu merasa tidak berguna, tidak lebih baik dari orang lain, ketinggalan jauh atau payah, lihat kembali seberapa banyak yang sudah kamu capai. Dan pencapaian itu sendiri tak bisa dibandingkan dengan orang lain, karena kamu punya jalan hidup dan tempomu sendiri.

5. Lakukan apa yang kamu sukai dan membuatmu bahagia

Ingat, tidak semua kritik itu valid. Terkadang orang-orang hanya berkomentar buruk padamu untuk menjatuhkanmu, bukan untuk membuatmu maju. Jadi jangan berhenti melakukan apa yang kamu sukai dan mampu membuatmu bahagia. Kamu tidak sempurna, begitu juga semua manusia di dunia ini. Lalu apakah mereka tidak pantas bahagia? Jangan menahan diri untuk menciptakan bahagia hanya karena kamu merasa sungkan.

6. Berkumpul dengan orang-orang yang suportif

Ini adalah poin paling penting dari semuanya. Jika kamu bisa mulai baik pada diri sendiri tapi orang-orang sekitarmu tidak baik padamu, pasti akan berpengaruh buruk pada mentalmu juga. Jadi pastikan kamu menyeleksi lingkaran pertemananmu. Berkumpullah dengan orang-orang yang suportif padamu, tidak mengkritikmu secara berlebihan, menjatuhkan atau bahkan meremehkanmu.

Itu dia sekian cara baik pada diri sendiri meskipun kamu tak sempurna. Sudah kamu terapkan belum, Sahabat Fimela? 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading