Sukses

Lifestyle

Manfaatkan THR untuk Bayar Tagihan Sebelum Mudik Lebaran 2023

Fimela.com, Jakarta Lebaran kerap kali identik dengan pemberian Tunjangan Hari Raya atau THR, momen tersebut tentu sangat dinantikan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, khuasunya bagi para pekerja dengan masa kerja minimal satu bulan. THR yang didapatkan biasanya digunakan untuk berbagai macam hal seperti untuk memenuhi berbagai kebutuhan menjelang hari raya. Salah satunya melunasi berbagai tagihan sebelum mudik lebaran 2023. 

“Biasanya ketika ada banyak tagihan, kita kadang lupa mana tagihan yang sudah dibayar dan yang belum. Implikasinya bahkan bisa kena denda ketika akhirnya lupa bayar tagihan tertentu. Melihat kondisi ini, Tokopedia meluncurkan fitur Kelola Tagihan,” kata Digital Goods Senior Lead Tokopedia, Bayu Aditya

Fitur Terbaru dari Tokopedia yaitu Fitur Kelola Tagihan ini memungkinkan masyarakat untuk dapat membayar belasan macam tagihan dan top-up seperti Paket Data, Listrik PLN, m-tix XXI, Internet dan TV Kabel, Air PDAM, Telkom, Premi Asuransi, Pajak PBB, Angsuran Kredit, Uang Elektronik, Pulsa Pra maupun Pascabayar, Properti, Tagihan Gas dan BPJS Kesehatan serta Ketenagakerjaan dalam satu halaman yang sama. 

 

 

Fitur Kelola Tagihan

“Selain tagihannya tidak terpisah-pisah dan bisa dibayar sekaligus, fitur Kelola Tagihan di Tokopedia memudahkan masyarakat untuk mengetahui rincian tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya, serta tanggal jatuh tempo masing-masing tagihan, sehingga masyarakat bisa melunasi tagihannya tepat waktu dan terhindar dari denda. Cara menggunakan fitur Kelola Tagihan di Tokopedia sangat mudah. Pengguna cukup klik Bayar Sekaligus, lalu klik Tambah Tagihan untuk menambahkan berbagai macam tagihan yang perlu dibayar dalam satu halaman. Ketika seluruh tagihan yang perlu dibayar sudah didaftarkan, pengguna akan diingatkan berkala oleh sistem agar tidak lupa membayar tagihan tersebut,” ujar Bayu Aditya, Digital Goods Senior Lead Tokopedia.

Para pengguna juga dapat mengaktifkan sistem autodebet untuk masing-masing tagihan dengan mengklik “bayar otomatis”. Pengguna akan diarahkan untuk dapat mengatur periode bayar otomati (pilih harian, mingguan, bulanan atau tahunan), frekuensi (setiap berapa bulan sekali tagihan akan dobayar), dan tanggal bayar otomatis. Pengguna juga bisa memilih berbagai metode pembayaran yang telah disediakan seperti transfer virtual account, kartu kredit atau cicilan dan pembayaran instan, GoPay.

 

 

Manfaatkan THR untuk Bayar Tagihan Sebelum Mudik Lebaran 2023

“Berdasarkan data internal Tokopedia, transaksi Angsuran Kredit, BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan, Pajak PBB, Listrik PLN dan Air PDAM mengalami peningkatan rata-rata hampir 2 kali lipat selama periode Ramadan 2023 (periode data: 23 Maret-10 April 2023) dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu (periode data: 6-24 April 2022),” ujar Bayu.

Beberapa Manfaat THR untuk Bayar Tagihan Sebelum Mudik Lebaran 2023, sebagai berikut:

  1. Mengisi e-money sebelum perjalanan mudik melalui jalur darat, tol. Pastikan saldo dalam kartu elektronik kamu cukup sehingga tidak menghambat perjalanan pengendara lain, terutama saat melewati jalan tol. Kamu dapat mengisi kartu uang elektronik dengan mudah melalui Tokopedia yang telah menyediakan fitur NFC.
  2. Tagihan listrik PLN dan air PDAM. Selalu pastikan tagihan listrik dan air bulan setiap bulannya sudah dibayar sebelum tanggal 20 supaya kamu tidak terkena denda akibat keterlambatan. Selain itu, supaya listrik dan air tetap dapat digunakan saat kamu pulang ke rumah dari mudik.
  3. Internet dan TV kabel. Memiliki tanggal jatuh tempo yang sama dengan tagihan listrik PLN dan air PDAM yaitu pada tanggal 20 setiap bulannya membuat kamu jangan lupa untuk melunasi tagihan tersebut sebelum mudik supaya koneksi internet dan TV kabel tetap tersambung ketika kembali ke rumah.
  4. Pulsa pra dan pascabayar serta tagihan telepon. Siapkan pulsa dan paket data agar tetap dapat berkomunikasi dengan kerabat, serta pastikan koneksi internet tetap terjaga selama perjalanan mudik Lebaran 2023.
  5. Donasi dan Zakat. Sempurnakan ibadah Ramadan dan Lebaran 2023 mu dengan menyisihkan sebagian THR untuk dibagikan atau didonasikan kepada masyarakat yang membutuhkan secara online melalui tokopedia.

“Setelah membayar zakat lewat Tokopedia, pengguna dapat menerima sertifikat sebagai bukti resmi serta laporan terkait penyaluran dan distribusi zakat tersebut yang dilakukan oleh mitra lembaga kemanusiaan terhubung dan terverifikasi,” tutup Bayu. 

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan Update

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia.

    THR

What's On Fimela
Loading