Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Orang yang Peduli dan Penuh Empati pada Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Menjadi seseorang yang punya kepedulian tinggi terkadang tak dimiliki semua manusia di dunia ini. Seringkali orang-orang dengan kepedulian tinggi memiliki kecenderungan itu dari karakter atau sifat alaminya. Mungkin kamu tak sadar bahwa selama ini sudah menjadi sosok yang peduli kepada orang lain, karena terkadang kita tak bisa menilai diri sendiri secara onjektif. Namun jika kamu memiliki sekian sikap ini, pertanda kamu orang yang peduli kepada orang lain.

1. Kamu tergerak membantu tanpa diminta

Kamu tak menunggu seseorang minta bantuan padamu sehingga tergerak untuk membantu. Ada dorongan tersendiri yang menyuruhmu untuk membantu atau menolong orang lain karena merasa menolong adalah sebuah tindakan yang sudah semestinya dilakukan sesama manusia. Hal ini kamu bukan untuk pencitraan diri atau punya maksud tersembunyi, tapi kamu melakukan dengan tulus tanpa berharap imbalan.

2. Membuat orang bahagia membuatmu bahagia

Akan selalu ada jenis-jenis manusia yang memiliki hati tulus dan baik hati secara alami. Orang yang suka membuat orang lain bahagia karena itu juga membuatmu bahagia. Jika kamu salah satu orang yang suka membahagiakan orang lain karen a secara otomatis itu membuatmu bahagia dan puas terhadap kehidupanmu, maka kamulah orangnya, yang punya kepedulian tinggi terhadap orang lain.

3. Sering khawatir kondisi orang lain saat mereka tertimpa masalah

Beberapa orang memiliki kepedulian yang sangat mendalam terhadap orang lain, terutama yang dekat atau disayang. Ketika seseorang yang kamu kenal tertimpa masalah, terkadang kamu khawatir apakah ia baik-baik saja, apakah ia makan dengan baik, apakah ia punya seseorang yang suportif di sisinya, dan lain sebagainya. Bahkan kamu tipe orang yang akan menghubungi duluan ketika kontak terputus dengan seseorang, hanya karena kamu ingin memastikan mereka hidup baik-baik saja.

4. Kamu paham kalau hidup tidak selalu adil

Kamu tahu terkadang orang sulit meminta bantuan karena berbagai alasan, entah malu, sungkan, tak mau merepotkan dan lain sebagainya. Jadi sebelum mereka meminta, kamu sudah datang mengulurkan tangan duluan. Kamu tahu kehidupan tidak selalu adil bagi sebagian orang di luar sana, ketika kamu merasa lebih beruntung dari mereka, kamu ingin mereka juga bisa merasakan seberuntung dirimu, salah satunya adalah meringankan beban mereka, bukan bersikap cuek dan menutup mata.

5. Menunjukkan kepedulian tak kamu jadikan beban

Kamu tak merasa bahwa menolong orang lain atau meringankan beban mereka justru menjadi sebuah beban. Kamu melakukannya dengan senang hati, ringan tangan dan tidak perhitungan atas waktu dan tenaga yang sudah kamu korbankan. Kamu juga tidak melakukan semua itu untuk membuat orang lain terkesan, itu adalah dorongan alami dari hati. Kamu punya empati besar tanpa kamu sadari.

Itu dia sekian tanda bahwa kamu orang yang peduli kepada orang lain selama ini, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading