Sukses

Lifestyle

4 Tips Seru Merayakan Lebaran dari Para Kreator TikTok dari Ide Fashion-Pose Foto Keluarga

Fimela.com, Jakarta Lebaran 2023 tentu dirayakan berbeda, seiring dengan tak ada lagi pembatasan kegiatan dan mobilitas seperti tahun-tahun sebelumnya. Tentu akan lebih meriah dan seru, karena kita bisa bebas silaturahmi bareng keluarga dan orang-orang tercinta.

TikTok dan kreatornya punya berbagai cara untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri yang bisa jadi inspirasi, nih. Apa saja, ya ide serunya? Yuk, cek di bawah ini; 

1.   Kue kering tiga warna yang simpel namun enak untuk menjamu tamu saat silaturahmi  

Lebaran identik dengan sajian kue-kue kering yang biasanya dihidangkan untuk saudara, teman, maupun tetangga yang datang bersilaturahmi ke rumah. Tahun ini, salah satu kreator TikTok @temaltemil yang sering berbagi resep masakan hingga kue, juga berbagi resep praktis membuat "Kue Semprit Dahila" untuk jadi inspirasi kamu sambut Lebaran nanti.  

Walau kelihatan rumit, ternyata kue semprit tiga warna ini gampang untuk dibuat karena hanya memakai tiga bahan aja. Gimana cara buatnya? Ikuti resep yang diberikan, ya!

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah: 

- 150 gram margarin/butter 

- 3 sachet susu kental manis 

- 250 gram tepung Maizena  

- 2 Pewarna Makanan Hiasan kue secukupnya 

Cara Membuat: 

Pertama-tama, masukkan margarin/butter ke dalam wadah besar dan aduk hingga teksturnya tidak terlalu padat. Kemudian, masukkan susu kental manis dan aduk hingga rata. Selanjutnya, masukkan tepung maizena secara bertahap agar lebih rata dan mudah diaduk. Biar kue kamu lebih terlihat menarik dan lezat, kamu bisa bagi tiga adonan, dan tambahkan dua pewarna makanan berbeda pada dua adonan yang telah dipisahkan. Setelah itu, kamu bisa mulai menata kue ini ke dalam loyang menggunakan alat spuit kue, dan tambahkan hiasan sprinkle mutiara di atasnya agar kue terlihat lebih cantik. Setelah semuanya selesai tertata, panggang kue dengan suhu 150 derajat jika menggunakan oven listrik selama 30 menit atau bisa disesuaikan dengan oven yang kamu punya di rumah. Setelah matang, tata kue secara rapi di toples. Kue buatan kamu siap buat dihidangkan saat Lebaran deh, yay! 

2.   Tips tampil baru dan fresh untuk silaturahmi

Setelah melaksanakan solat Eid, masyarakat akan berkeliling dari rumah ke rumah untuk bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan. Supaya look kamu lebih menarik, kamu bisa pake look yang lebih fresh biar beda sama Lebaran tahun sebelumnya. Eits, bukan berarti kamu harus pakai baju baru dan mahal loh! Kunci dari gaya fresh ini adalah tahu cara memadu padankan baju dengan warna yang tepat.  

Kreator @okkapratama18 ngingetin kamu tentang hal-hal yang perlu dihindari saat mix and match baju koko buat Lebaran. Pertama, kalau kamu sudah pakai baju koko dengan kancing setengah badan, kamu gak perlu pake outer atau blazer lagi ya. Look yang sederhana namun manis dengan baju koko putih bisa dipadukan dengan celana berwarna abu-abu. Kedua, ketika kamu memakai baju koko dengan desain formal dan berwarna gelap, jangan padukan dengan celana berwarna gelap ya! Alih-alih, kamu bisa gunakan celana berwarna terang, seperti krem atau khaki seperti contoh dari Okky di bawah ini. Terakhir, walau menggunakan baju koko lengan tiga perempat, jangan gunakan celana pendek. Walau kasual, pastikan penampilan kamu tetap santun saat berkunjung dengan menggunakan celana panjang berukuran tiga perempat.  

Selain untuk laki-laki, ada juga tips tips look Lebaran bagi perempuan dari kreator @hundji atau Jihan bagi kamu yang senang menggunakan tunik. Jihan berikan dua rekomendasi look buat tunik berbahan organza yang bisa kamu jadikan sebagai outer. Look pertama, padukan rok berwarna gelap dan inner berwarna krem, dan kemudian kancingkan tunik hingga seluruhnya. Sedang untuk look kedua, kamu juga bisa jadikan tunik menjadi outer dengan memadukan celana putih dan dalaman berwarna putih. Tak lupa pasangkan sepatu cantik berwarna putih dan tas kecil agar look Lebaran kamu semakin cantik. Selamat mencoba!

3.   Amplop Lebaran anti-mainstream

Selain jadi momen berkumpul dan makan ketupat bareng keluarga, salah satu momen yang dinanti-nantikan saat silaturahmi Lebaran adalah "bagi-bagi THR"! Agar adik maupun keponakanmu tambah senang, kamu bisa coba buat amplop Lebaran yang unik yang beda dari biasanya nih. Amplop ini juga bisa kamu buat sendiri loh di rumah jadi kamu gak perlu beli lagi di luar. Alat dan bahannya juga gampang banget! Kamu cukup siapkan kertas lipat dengan berbagai warna dan gambar, double tape, dan pita. Untuk memulai, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dari kreator @diesnidaraina berikut ini. 

Pertama, potong kertas jadi bentuk persegi panjang, tempel double tape di salah satu ujung dan bagian bawah. Kemudian, lipat ke arah dalam dan rekatkan bagian samping dan bawah kertas. Selanjutnya, bentuk amplop seperti gambar di bawah ini dan tambahkan pita di bagian atas untuk mengunci bagian atas amplop. Tada, jadi deh!  

Ide Pose Foto Lebaran

4.   Empat inspirasi pose seru untuk jadikan foto Lebaran bareng keluarga ciamik dan penuh gaya 

Saat Lebaran, kurang afdol rasanya kalau gak ada foto bareng keluarga. Buat kamu yang udah punya rencana untuk bikin foto keluarga di rumah, cek tips dari kreator @nasionp tentang ide gaya berfoto untuk keluarga dengan lima anggota. Menurut @nasionp, selain menentukan pose, ternyata ada hal yang lebih perlu kamu perhatikan saat berfoto bersama keluarga, yaitu komposisi atau penataan anggota keluarga kamu loh!  

Pertama, kamu bisa pakai ide pose menyerupai huruf 'X', dengan dua orang berjongkok di bagian bawah, satu orang di tengah menggunakan kursi, sementara dua orang lainnya bisa berdiri di bagian belakang. Kedua, ada pose menyerupai dua garis sejajar dengan satu orang duduk di paling depan, dua orang di bagian tengah, dan dua orang di bagian belakang. Ketiga, kamu bisa pakai pose menyerupai huruf 'M'. Pose ini kurang lebih sama dengan pose huruf 'X', namun jaraknya bisa dibuat lebih lebar dibanding huruf 'X'. Terakhir, ada pose huruf 'V' bagi kamu yang memiliki anggota keluarga dengan tinggi badan yang berbeda-beda.  

Jadi bikin gak sabar untuk langsung eksekusi ya saat Lebaran nanti! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading