Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Orang yang Sabar Menghadapi Cobaan

Fimela.com, Jakarta Kesabaran setiap orang memiliki kadar yang berbeda-beda. Seringkali kita mendengar nasihat orang untuk lebih bersabar, terutama dalam kondisi kecewa, marah, hingga sedih. Namun tidak semua orang bisa memiliki kesabaran tinggi dalam menghadapi suatu situasi, itulah mengapa ketika kita bertemu dengan seseorang yang sabar, kita selalu kagum dengannya. Terkadang kamu tak tahu apakah dirimu termasuk orang yang sabar atau tidak. Tapi jika memiliki sekian tanda ini, kemungkinan besar kamu adalah orang yang sabar.

1. Rendah Hati

Orang yang sabar telah memupuk ketabahan dalam hidupnya sehingga secara alami menampilkan kebajikan lain yang terpancar dari sikapnya, yaitu kerendahan hati. Dia tidak bersikap angkuh, ia tahu bahwa terkadang semesta tidak berpihak kepadanya, ada hal-hal di luar kuasanya terjadi tidak sesuai rencana atau harapan, dan ia memaklumi hal itu. Ia tidak menghabiskan waktu untuk marah-marah, sebaliknya, belajar menerima kenyataan.

2. Pendengar yang baik

Orang yang memiliki kesabaran akan mengembangkan sikap menghargai terhadap orang lain, termasuk tidak menyela saat seseorang bicara, memberi waktu pada orang lain untuk menjelaskan dan menjadi pendengar yang baik untuk mereka. Jika ingin didengarkan, maka harus belajar mendengarkan. Secara alami orang sabar akan memperlakukan orang lain dengan baik, karena ia juga ingin diperlakukan baik oleh orang lain.

3. Sopan santun

Mereka yang memiliki kesabaran biasanya akan bersikap sopan, terutama tidak mudah berkata buruk dan bersikap kasar. Sedangkan orang yang tidak sabar mungkin sedikit sombong, kasar dan semaunya sendiri. Lihat saja bagaimana sikap mereka saat mengantre atau memperlakukan penjual restoran misalnya. Kamu bisa melihat seperti apa kesabaran seseorang dari caranya dalam menyikapi situasi yang memicu emosi. Orang penyabar tidak mudah kehilangan kendali emosi, ia tetap bersikap sopan dan santun.

4. Tidak mudah marah

Orang yang sabar umumnya sudah melatih dirinya untuk tidak mudah marah. Ia menghadapi masalah hidup atau konflik dengan orang lain menggunakan kepala dingin. Ia berbicara dengan tenang, tidak terburu-buru, tidak menyela, tidak dengan nada tinggi atau intonasi yang merendahkan. Karena terbiasa bersikap sabar, secara alami ia juga terkesan lebih santai. Seringkali orang yang sabar itu juga humoris, saking santai dia menjalani hidup.

5. Lebih bijaksana

Secara alami orang yang sabar juga lebih bijaksana dan memiliki toleransi tinggi terhadap orang lain. Ia bisa menghargai orang lain dengan perbedaan mereka. Ia tidak memaksakan kehendak dan tidak merasa dirinya selalu benar. Sebaliknya, ia selalu berpikiran positif, tidak anti kritik, dan tidak gampang baper. Orang-orang sabar juga cukup baik menghadapi mereka yang menjengkelkan dengan ketenangan.

Itu dia sekian tanda kamu orang yang sabar selama ini.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading