Sukses

Lifestyle

4 Rekomendasi Wisata Anak Semarang yang Patut Diketahui

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri, pemerintah menjatuhkan hari cuti bersama dimulai dari 19-25 April 2023. Hal tersebut, berarti masyarakat yang bekerja dan bersekolah akan libur pada tanggal tersebut. Tentu momen ini sangat dinantikan oleh orangtua untuk dapat berlibur bersama dengan anaknya. Anak-anak pun juga telah menantikan momen ini untuk dapat berpergian ke tempat yang diinginkan baik di dalam kota maupun di luar kota.

Semarang dapat menjadi kota yang dapat dikunjungi saat libur Lebaran karena memiliki banyak destinasi wisata yang cocok untuk anak seperti Dusun Semilir, Cimory on The Valley Semarang, Museum Kereta Api Ambarawa, dan Maron Mangrove Edupark. Destinasi wisata tersebut tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga edukasi bagi anak serta juga beberapa diantaranya menyediakan penginapan sehingga kamu tidak perlu repot lagi.

Berikut rekomendasi destinasi wisata anak di Semarang:

Dusun Semilir

Dilansir dari dusunsemilir.com, Dusun Semilir dapat menjadi destinasi wisata pertama yang dikunjungi ketika berkunjung ke Semarang. Destinasi wisata ini menyediakan banyak spot foto yang instagramable seperti Alas Tirta, Jembatan Senggol, dan Alun Eropa. Selain itu, Dusun Semilir juga menyediakan banyak aktivitas atau permainan yang dapat dinikmati oleh anak-anak seperti Alun Eropa, Alas Tirta, dan Banyu Biru. Namun, tak hanya permainan dan spot foto, destinasi wisata tersebut juga menyediakan tempat penginapan dan perbelanjaan oleh-oleh serta paket meeting atau gathering dan paket wedding. Jika ingin menikmati seluruh wahana dan spot foto di Dusun Semilir, kamu cukup membayar Rp40.000 yang berlaku hingga 7 Mei 2023 dari pukul 08.00-20.00 WIB.

 

 

Cimory On The Valley

Dilansir dari cimory.com, Cimory On The Valley merupakan tempat wisata keluarga yang mengungsung konsep edukasi dan rekreasi. Destinasi ini dapat menjadi pilihan kedua untuk liburan bersama keluarga. Cimory On The Valley ini terdiri dari Dairyland yaitu tempat farm dan petting zoo, sedangkan Minimania yaitu tempat miniatur dunia. Pada Dairyland, anak-anak juga dapat menikmati dairy tour untuk belajar jenis sapi dan pengolahan susu serta dapat berinteraksi dengan berbagai macam hewan. Jika ingin berkunjung dan menikmati keseluruhan dari Cimory On The Valley, kamu dapat membayar Rp35.000, tetapi juga dapat memilih salah satu dengan harga yang berbeda, untuk Dairyland seharga Rp15.000 dan Minimania Rp25.000. Cimory On The Valley beroperasional dari pukul 10.00-20.00. 

Museum Kereta Api Ambarawa

Bagi kamu pecinta kereta api, destinasi ini wajib dikunjungi. Dilansir dari heritage.kai.id, Museum Kereta Api Ambarawa berawal dari sebuah stasiun yang bernama Stasiun Willem I. Namun, kini destinasi wisata ini menampilkan koleksi perkeretaapian dari masa Hindia Belanda hingga pra kemerdekaan RI dengan meliputi sarana, prasarana, dan perlengkapan administrasi seperti koleksi sarana perkeretaapian heritage yaitu 26 Lokomotif Uap, 4 Lokomotif Diesel, 5 Kereta dan 6 Gerbong dari berbagai daerah. Para pengunjung dapat menikmati perjalanan wisata dengan menaiki kereta api wisata relasi Ambarawa-Tuntang (PP) dengan lokomotif penarik jenis uap ataupun kereta diesel vintage. Selain itu, juga terdapat rute lainnya yang dapat dinikmati Ambarawa-Jambu-Bedono (PP) dengan lokomotif uap bergigi yang melintasi satu-satunya rel bergerigi yang masih aktif di Indonesia. Kamu dapat menikmati perjalanan sejarah itu dengan harga Rp10.000 untuk anak-anak (3-12 tahun) dan pelajar serta Rp20.000 untuk dewasa dan mahasiswa, sedangkan untuk wisatawan mancanegara seharga Rp30.000 dengan jam operasional Senin-Minggu dari pukul 08.00-16.00.

 

Maron Mangrove Edupark

Rekomendasi destinasi wisata terakhir ini, akan memberikanmu pemandangan Hutan Mangrove Semarang yang kekinian. Selain itu, juga menyediakan pemandangan alam bakau yang berpadu dengan jembatan bambu yang dibiarkan memiliki warna alami dan pantai di bawah jembatan yang menambah kesejukan ketika melewatinya. Tak hanya menyegarkan tubuh dan otak, Maron Mangrove Edupark juga menyediakan banyak spot foto instagramable. Tenang saja, untuk menikmati semua keindahan alam tersebut, kamu cukup membayar Rp5.000 per orang dan Rp2.00 untuk mobil atau motor, dilansir dari bob.kemenparekraf.go.id.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading