Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Hobimu Bisa Membuatmu Makin Bahagia

Fimela.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dipilih untuk bahagia. Ada banyak hal yang bisa diupayakan agar bisa memiliki hati yang mudah bahagia. Salah satunya adalah dengan menekuni hobi atau minat yang disukai.

Di tengah semua kesibukan dan rutinitas yang padat, menikmati hobi bisa bantu menghadirkan keseimbangan. Kamu pun bisa makin bahagia dengan hobi yang kamu miliki. Caranya bisa dimulai dari strategi sederhana ini.

 

 

1. Sadari Manfaat dari Menekuni Hobi

Mengutip buku The Child in You, "Hobbies and outside interests help redirect your attention to things beyond yourself. They distract you from self-centered concerns. And the happiness and pride you feel at improving at learning something new is truly wonderful. It's a healthy way to boost your self-esteem."

Hobi dan minat di luar membantu mengalihkan perhatian kita ke hal-hal di luar diri kita. Bisa mengalihkan perhatian kita dari kekhawatiran yang berpusat pada diri sendiri. Kebahagiaan serta kebanggaan yang kita rasakan saat mengalami peningkatan dalam mempelajari sesuatu yang baru sungguh luar biasa. Ini adalah cara yang sehat untuk meningkatkan harga diri kita. Dengan memahami manfaat ini, kamu bisa lebih bebas dalam menekuni hobi dan minatmu sebab pada dasarnya itu bisa berpengaruh positif pada kesehatan mentalmu.

 

 

2. Luangkan Waktu untuk Melakukan Hobimu

Selain membuat jadwal kesibukan kerja, kamu juga bisa membuat jadwal khusus untuk menekuni atau melakukan hobimu. Dengan begini, kamu tak akan gampang stres atau tertekan dalam menjalani keseharian dan aktivitasmu sehari-hari. Memiliki aktivitas yang dinanti-nantikan setelah capek bekerja bisa hadirkan perasaan menyenangkan sendiri.

 

 

3. Eksplorasi Banyak Hal Baru

Cobalah untuk lebih membebaskan diri mengeksplorasi banyak hal baru dari hobi atau minat yang kamu tekuni. Ini bisa bantu atasi rasa bosan sekaligus memperkaya jiwamu. Makin banyak hal baru yang bisa kamu coba dan kamu lakukan, makin mudah hatimu merasakan dan menemukan kebahagiaan.

 

 

4. Lebih Sering Berbagi Momen Menyenangkan

Kamu bisa mengajak orang-orang terdekatmu untuk ikut mencoba hobimu. Kamu bisa berbagi lebih banyak hal dari hobi atau minat yang kamu tekuni. Dengan makin sering berbagi momen menyenangkan dan berkesan, kamu bisa merasakan kebahagiaan yang makin berlipat ganda.

 

 

5. Hadirkan Sesuatu yang Bermakna dari Hobimu

Sesuatu yang bermakna ini bisa bermacam-macam bentuknya. Kalau dari hobimu kamu bisa membuat karya baru, kamu bisa menjadikan karya itu sebagai hadiah atau bahkan dijual dan menghasilkan uang. Kalau dari hobimu kamu merasa mendapatkan kepuasan batin, tetap luangkan waktu yang cukup untuk melakukannya. Selama ada hati yang puas dan tenang yang kamu rasakan dari hobimu atau minatmu, maka kebahagiaan bisa lebih mudah hadir di hidupmu.

Yuk, tetap jalani hidup dengan rasa bahagia. Semoga dari hobi dan minat yang kamu miliki, kamu bisa memiliki kehidupan yang lebih berwarna lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading