Sukses

Lifestyle

5 Sikap Tenang agar Bisa Bangkit dari Kegagalan

Fimela.com, Jakarta Menghadapi dan mengalami kegagalan memang berat. Kita bisa merasa sangat terpuruk dan kehilangan semangat untuk melanjutkan hidup. Hanya saja kalau terus tenggelam dalam kesedihan dan perasaan terpuruk, segalanya bisa makin memburuk.

Untuk kita perlu upaya untuk bisa kembali bangkit dari kegagalan. Caranya bisa dengan mengutamakan hati yang lebih tenang. Dapat dimulai dengan strategi sederhana berikut ini.

 

 

1. Mau Beradaptasi

Cobalah untuk berusaha untuk mau beradaptasi dengan situasi baru ini. Kegagalan yang ada menghadirkan keadaan yang berbeda, dan di sini kamu perlu mau lebih terbuka untuk beradaptasi dengan situasi baru. Mengutip buku Yes to Life, dalam pandangan Viktor E. Frankl yang dikenal sebagai pencetus Logoterapi, ada tiga cara utama yang bisa dilakukan untuk memenuhi makna hidup. Salah satunya adalah dengan beradaptasi dan merespons batas-batas yang tak terhindarkan atas kemungkinan-kemungkinan hidup yang ada. Sikap mau beradaptasi ini juga bisa membantumu untuk membuat hidupmu terasa lebih bermakna.

 

 

2. Berpandangan Positif

Cobalah untuk bersikap terbuka untuk berpikir yang lebih positif. Bisa jadi kegagalan yang ada saat ini sebenarnya mendorongmu untuk menemukan kekuatan baru dalam hidupmu. Mengutip buku The Comfort Book, "Yang terbaik tentang titik terendah adalah bagian kerasnya. Kita menemukan bagian diri kita yang kecil dan kuat. Bagian kecil yang tidak bisa dipecah lagi. Apa yang kita sebut secara sentimental sebagai sukma. Pada titik terendah, kita menemukan landasan kuat untuk fondasi kita. Dan kita bisa membangun diri kita yang baru." Jadi, cobalah untuk mengambil hikmah dari pengalaman yang ada, agar kamu bisa menemukan kekuatan baru dalam dirimu.

 

 

3. Berlapang Dada

Untuk bisa kembali tenang, kita perlu meletakkan hal-hal yang tak semestinya terus kita pikul lagi. Kegagalan yang ada perlu diterima dengan lapang dada. Agar dengan demikian, kamu bisa fokus untuk merangkai langkah dan harapan baru lagi. Sebab menangisi sesuatu yang menyakitkan jika terlalu lama dilakukan hanya akan menghambat kedamaian hatimu sendiri.

 

 

4. Mengapresiasi Usaha Sendiri

Daripada terus menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang dialami, lebih baik mengapresiasi usaha yang sudah kamu lakukan. Cobalah untuk memuji diri sendiri. Pujilah dirimu yang sudah bertahan dengan baik hingga saat ini. Kegagalan yang ada tak ubahnya pengalaman baru untuk membantumu terus tumbuh dan berproses jadi pribadi yang lebih kuat lagi.

 

5. Mau Belajar Lagi

 

Kamu bisa menganggap kegagalan yang ada sebagai ujian. Walau kali ini kamu belum bisa berhasil atau lulus dari ujian tersebut, yakin saja kamu masih punya kesempatan untuk tetap naik kelas asal kamu mau belajar lagi. Daripada bersikap sinis dengan kegagalan yang ada, ada baiknya untuk meningkatkan semangat dan kemauan belajar lagi.

Semoga kegagalan yang ada bisa menjadi pelajaran berharga yang membantumu jadi pribadi yang lebih kuat lagi, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading