Sukses

Lifestyle

Penyebab Minus Bertambah Parah yang Patut Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Mata minus atau rabun jauh merupakan salah satu gangguan kesehatan mata yang menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat objek jarak jauh dengan jelas. Kondisi ini menyebabkan penderita mata minus atau rabun jauh wajib menggunakan kacamata untuk melihat.

Mata minus bisa bertambah parah seiring berjalannya waktu. Kondisi mata minus yang bertambah parah bisa memperburuk penglihatanmu dan membuatmu harus menambah lensa pada kacamata yang kamu gunakan. Semakin banyak lensa yang digunakan, maka rasanya akan semakin tidak nyaman.

Ada banyak penyebab mata minus bertambah. Banyak yang beranggapan kalau membaca di ruangan yang gelap bisa membuat mata minus bertambah parah. Benarkah demikian? Simak penyebab mata minus bertambah berikut ini.

1. Menggunakan Lensa Kacamata yang Tidak Sesuai

Ketika perhitungan lensa sedikit saja meleset satu-dua derajat, lensa yang kamu miliki jadi terlihat buram dan bukannya membantumu melihat lebih baik justru jadi terlihat semakin kabur. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, mata yang sudah minus harus bekerja lebih keras untuk menyesuaikan penglihatan dengan minus pada lensa yang tak sesuai. Akibatnya, minus pada mata akan berisiko bertambah semakin parah.

2. Semakin Tua

Penyebab lain minus mata bertambah adalah faktor usia. Bertambahnya minus mata adalah kondisi yang umum terjadi, terutama pada anak-anak. Jika anak-anak mengalami miopi sejak kecil, struktur mata akan mengalami perkembangan hingga usia 20 tahun sehingga minus mata bisa saja bertambah.

Selain itu, kesulitan untuk memfokuskan penglihatan pada gambar atau tulisan adalah salah satu tanda kalau tubuh semakin menua. Kondisi ini disebut presbiopi dan bisa menyerang siapapun.

3. Kebiasaan Buruk Ketika Membaca atau Menggunakan Gadget

Salah satu penyebab mata minus cepat bertambah parah adalah cara membaca atau memakai gadget yang kurang tepat. Contohnya seperti membaca di tempat yang redup dan berjarak terlalu dekat. Selain itu, melihat layar gawai elektronik terlalu dekat dan lama, seperti ponsel atau laptop, juga berpotensi membuat minus mata bertambah parah.

Itulah 3 penyebab mata minus bertambah parah. Sebaiknya segera benahi kebiasaanmu dalam membaca maupun ketika menggunakan gadget. Pastikan kamu juga rutin memeriksakan kondisi mata pada dokter spesialis mata agar mendapatkan lensa kacamata yang sesuai untuk menghindari minus mata yang semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading